Jumat , 25 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Indonesia Darurat Guru, PGRI Siapkan Solusi Ini !
guru
Ilustrasi. Guru

Indonesia Darurat Guru, PGRI Siapkan Solusi Ini !

Edupost.id – Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi menyampaikan, Indonesia kini dalam kondisi darurat guru. Menyikapi hal ini, PGRI ikut ambil bagian dalam menyiapan kompetensi guru dengan membuat program perencanaan dan pengembangan PGRI Smart Learning Center (PSLC).

“Saat ini lndonesia tengah darurat guru. Itu artinya darurat pendidikan juga. Sebagai organisasi guru, PGRI ikut bertanggung jawab meningkatkan kompetensi guru. Salah satunya lewat PSLC,” terangnya. 

Hanifah menyampaikan, guru harus menjadi penggerak perubahan, menguasai teknologi agar menjadi lokomotif perubahan. Selain itu masih banyak guru berkompetensi rendah.

“Perubahan pembelajaran yang dimulai dari ruang kelas harus dilakukan. Kapasitas guru sebagai penentu pun harus diperkuat untuk memanfaatkan teknologi pembelajaran yang berkembang pesat,” tegasnya.

PGRI menggandeng Pakar Teknologi Eko Indrajit, merumuskan PSLC. Nantinya program ini akan menjadi kawah candradimukanya para guru terutama terkait penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

“PSLC merupakan pusat pengembangan dan peningkatan kompetensi profesional guru dalam menghadapi era Industri 4.0. Saatnya pembelajaran di kelas menggunakan teknologi. Ini harus dimulai dari guru. Jangan minta siswa kuasai teknologi tetapi gurunya malah gagap teknologi,” tandasnya.

Fasilitas dan sarana prasarana yang akan dibangun di PSLC meliputi Smart Calassroom,Smart Laboratory, Smart Studio, Smart School Office, Smart Library, Smart Art Room, Smart Sport Room, Smart Theatre, Smart Micro Teaching Room dan Smart Canteen. 

Ke-10 fasilitas tersebut jelas Unifah akan menjadi wadah bagi para guru di seluruh Indonesia yang ingin mendalami dan meningkatkan kompetensi maupun ketrampilannya di bidang cyber pedagogy baik dari segi teori maupun praktiknya.

Beberapa prototipe aplikasiyang segera dapat dimanfaatkan oleh guru maupun siswa diantaranya e-test (bank soal UNKB), e-channel kumplan video teknik mengakar), e-studio (bahan pembelajaran berbasis digital), e-board (papan tulis digital), e-meet (aplikasi teleconference), e-laboratory, e-content, e-learning dan lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=