Rabu , 19 September 2018
Home / Berita Pendidikan / Ini 3 Jurusan Favorit di SBMPTN, Tingkat Persaingannya sangat Ketat!
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Ini 3 Jurusan Favorit di SBMPTN, Tingkat Persaingannya sangat Ketat!

Edupost.id – Ada beberapa program studi yang paling diminati peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini. Jurusan tersebut memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Apakah jurusanmu termasuk?

Tiga jurusan favorit peserta SBMPTN itu yakni kedokteran, ilmu kesehatan masyarakat, serta teknik sipil. Hal ini berdasarkan sumber resmi yang dikeluarkan panitia SBMPTN 2018.

Berikut ini data ketersediaan kursi dan tingkat persaingan prodi favorit di empat Perguruan Tinggi Negeri favorit, yaitu UI, UGM, ITB, dan Undip :

UI

Prodi Pendidikan Kedokteran masih menjadi pilihan terbanyak peserta SBMPTN tahun lalu. Hanya 4.041 siswa yang dinyatakan lulus, walaupun hanya tersedia 126 kursi.

Kemudian menyusul Ilmu Kesehatan Masyakat dengan 2.413 peminat yang menyediakan 105 kursi. Prodi Sistem Informatika yang hanya menyediakan 91 kursi namun harus diperebutkan 2.254 peserta.

UGM

Peminat prodi Kedokteran di UGM juga sangat tinggi, sebanyak 3.777 harus memperebutkan 70 kursi yang tersedia. Prodi Farmasi menempati posisi kedua dengan 2.917 peminat dan 96 kursi tersedia. Lalu disusul prodi Teknik Sipil 2.565 peminat dan 66 kursi.

ITB

Teknik Elektro dan Informatika menjadi jurusan favorit di ITB walaupun hanya menyediakan kuota 168 kursi yang diperebutkan 4.215 pendaftar. Teknik Mesin Dirgantara juga memiliki banyak peminat hingga 3.043 orang memperebutkan 120 kursi yang tersedia. Sementara, Teknik Pertambangan dan Perminyakan menempati posisi ketiga dengan jumlah peminat 2.889 dan 132 kursi tersedia.

Undip

Prodi Kedokteran juga menjadi pilihan pertama di PTN ini yang menyediakan 86 kursi bagi 3.647 peminat. Ilmu Kesehatan Masyarakat menyediakan 58 kursi dan 2.906 peminat. Teknik Sipil menjadi pilihan favorit ketiga di Undip dengan 2.774 peminat yang akan memperebutkan 70 kursi yang disediakan.

Para peserta SBMPTN dapat langsung melihat data prodi, ketersediaan kursi, dan jumlah peminat melalui laman resmi SBMPTN di http://www.sbmptn.ac.id.

Check Also

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

4.942 Peserta Ikuti Ujian Keterampilan SBMPTN Yogyakarta

Edupost.id – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang memilih program studi seni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=