Rabu , 20 Juni 2018
Home / Berita Pendidikan / Ini 3 Jurusan Soshum yang Persaingannya Paling Ketat di SBMPTN 2018
SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Ini 3 Jurusan Soshum yang Persaingannya Paling Ketat di SBMPTN 2018

Edupost.id – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah di depan mata. Tiap peserta harus bertarung memperebutkan kursi yang terbatas di PTN pilihannya. Apa saja jurusan Sosial dan Humaniora (Soshum) yang persaingannya ketat di SBMPTN tahun ini?

Tiga jurusan itu yakni Ilmu Hukum, Manajemen dan Psikologi. Berikut ini ketersediaan kursi dan tingkat persaingan prodi di 3 PTN favorit seperti Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia:

Undip

Prodi Ilmu Hukum di PTN ini memiliki tingkat persaingan paling tinggi. Ada 86 kursi yang tersedia yang diperebutkan 3.647 peminat di tahun 2017. Urutan kedua dipegang prodi Manajemen yang diminati 3.477 calon dan hanya menampung 105 kursi. Psikologi juga menjadi pilihan favorit dengan 2.776 peminat dan 85 kursi tersedia.

UGM

Jurusan Ilmu Hukum masih menjadi primadona di UGM. Terdapat 3.584 peminat yang akan memperebutkan kuota 124 kursi. Demikian pula dengan jurusan psikologi yang hanya menyediakan  96 kursi untuk 3.457 peminat. Jurusan manajemen menempati urutan 3 dengan 3.045 peminat untuk 52 kursi.

UI

Ilmu hukum di UI menjadi pilihan paling banyak diminati dengan 4.297 peminat yang akan memperebutkan 175 kursi yang tersedia. Prodi favorit selanjutnya ditempati oleh manajemen dan psikologi. Prodi manajemen hanya menampung 136 kursi untuk 4.159 peminat dan prodi psikologi hanya menerima 140 dari 3.843 peminat.

Tingkat persaingan peserta SBMPTN untuk memperebutkan prodi yang diminati dapat diakses dengan masuk ke laman resmi yang disediakan panitia SBBMPTN di http://www.sbmptn.ac.id.    

 

Check Also

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

4.942 Peserta Ikuti Ujian Keterampilan SBMPTN Yogyakarta

Edupost.id – Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang memilih program studi seni …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=