Rabu , 24 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Ini Besaran UKT Kedokteran di Sejumlah Kampus
Ini-Besaran-UKT-Kedokteran-di-Sejumlah-Kampus
UKT (uang kuliah tunggal)

Ini Besaran UKT Kedokteran di Sejumlah Kampus

Edupost.id – Program Studi Pendidikan Dokter selalu paling diminati di setiap penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), hingga ujian mandiri. Prodi ini juga dikenal dengan prodi termahal di setiap perguruan tinggi.

Prodi Pendidikan Dokter di Universitas Brawijaya (UB) menjadi prodi Pendidikan Dokter termahal di antara prodi yang sama di PTN lain. Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi Prodi Pendidikan Dokter di kampus ini adalah Rp. 23.500.000. Tidak ada biaya lain selain UKT ini.

Sedangkan di Universitas Airlangga (Unair), besaran UKT tertinggi yang harus dibayarkan per semester untuk program studi pendidikan dokter adalah Rp. 21,5 juta. Mahasiswa dari jalur ujian mandiri, harus membayar uang kuliah awal (UKA) pada saat masuk sebesar Rp. 70 juta. Selain itu, juga diberlakukan uang kuliah semesteran (UKS) sebesar Rp. 15 juta per semester.

Baca Juga : UKT Mahal, Mahasiswa Sulit Raih Keadilan

Sementara di Universitas Gadjah Mada (UGM), biaya UKT Prodi Pendidikan Dokter Rp. 22,5 juta per semester. Untuk mahasiswa yang diterima melalui ujian tulis mandiri, diberlakukan UKT tertingg tanpa ada biaya lain selain UKT ini. Berbeda dengan di Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk golongan teratas mencapai Rp. 20 juta per semester.Mahasiwa jalur ujian mandiri akan dikenai UKT tertinggi tanpa ada biaya lain kecuali UKT.

Besaran UKT Pendidikan Dokter di Universitas Dipenogoro (Undip) lebih rendah dibanding empat kampus lain. Besarnya UKT pendidikan dokter di kampus ini mencapai Rp. 19 juta per semester untuk golongan tertinggi. Khusus mahasiswa baru yang masuk kedokteran Undip melalui jalur ujian mandiri, selain dikenai UKT termahal, mereka juga akan membayar sumbangan pengembangan institusi (SPI) di awal semester satu sebesar Rp. 100 juta untuk golongan I dan Rp. 150 juta di golongan II. Golongan tersebut berdasarkan pengisian formulir pendaftaran sebelumnya.
(Andi)

Check Also

Gedung Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ingin Terapkan UKT, UIN Jakarta Studi ke IPB

Edupost.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berencana akan segera menerapkan uang kuliah tunggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *