Minggu , 22 April 2018
Home / Berita Pendidikan / Ini Siswa Madrasah Tunanetra yang Ikuti UNBK

Ini Siswa Madrasah Tunanetra yang Ikuti UNBK

Edupost.id – Satu orang siswa tuna netra MAN 2 Sleman, Arif Prasetyo, hari ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 2 Sleman. Meski tunanetra, siswa ini tetap mengerjakan ujian dengan komputer.

Waka Kurikulum MAN 2 Sleman, Siti Maimunah menjelaskan, dalam mengerjakan UNBK Arif didampingi oleh seorang guru pendamping. Pendamping inilah yang membantu membacakan soal dan mengisikan jawaban di komputer.

“Tahun ini untuk UNBK siswa tunanetra tetap ada lembar jawab yang dicetak. Jadi selain pakai komputer, juga harus mengisi jawaban yang tertulis. Jadi pendamping juga harus mengisikan jawaban di lembar jawab, ” ujar Siti Senin (9/4).

Untuk guru pendamping, pihak madrasah menggunakan jasa guru mapel yang berbeda dengan mapel yang diujikan. Untuk mata ujian Bahasa Indonesia, pendampingya guru Bahasa Inggris, Matematika didampingi guru Fisika, dan Bahasa Inggris didampingi guru Bahasa Arab.

“Guru pendamping saya cari guru yang beda mapelnya dan bisa membaca dengan fasih dan jelas. Untuk Bahasa Inggris saya minta bantuan guru yang fasih membaca Bahasa Inggris, kebetulan malah guru Bahasa Arab, ” imbuhnya.

Kepala MAN 2 Sleman, Ali Asmu’i mengatakan, madrasah yang ia pimpin merupakan salah satu madrasah inklusi. Tiap tahunnya madrasah ini selalu menerima siswa berkebutuhan khusus.

Selain Arif, MAN 2 Sleman masih memiliki 10 siswa berkebutuhan khusus lain. Satu di antaranya tunadaksa, dan sisanya tunanetra.

“Mereka ikut pembelajaran bersama dengan siswa lain yang normal,” jatanya.

UNBK di MAN 2 Sleman diikuti oleh 157 siswa. Satu di antaranya adalah siswa tunanetra. Komputer yang digunakan sebanyak 54 unit dan 5 cadangan. (Andi)

Check Also

Terapkan HOTS, Soal UNBK Sengaja Dibuat Sulit

Edupost.id – Mendikbud Muhadjir Effendy menyebut, pemerintah bermaksud menerapkan pola ujian High Order Thinking Skills …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=