Kamis , 22 Februari 2018
Home / Berita Pendidikan / Isi PDSS dulu baru Sekolah Boleh Daftarkan Siswanya

Isi PDSS dulu baru Sekolah Boleh Daftarkan Siswanya

Edupost.id – Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diawali dengan pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Pada proses ini, sekolah diperbolehkan mendaftarkan seluruh siswa kelas XII meskipun secara aturan jumlah yang didaftarkan disesuaikan dengan akreditasi sekolah.

Direktur Akademik UGM, Peni Wastutiningsih menyebut secara aturan, sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 50% siswanya, akreditasi B 30%, C 10%, dan akreditasi lainnya 5%. Hanya saja, penentuan presentase itu berada di sistem panitia pusat.

Menurut Peni, yang bisa menentukan nama-nama siswa yang masuk kuota 50% adalah panitia pusat, bukan sekolah. Oleh karenanya, sekolah mendapat kebebasan mendaftarkan siswanya melebihi kuota yang ditetapkan.

“Bisa saja sekolah mendaftarkan seluruh siswanya walaupun akreditasi A maksimal hanya 50%. Nanti sistem yang ada di panitia pusat yang akan menentukan alokasi 50% siswa itu,” kata Peni.

Peni juga berharap, pihak sekolah berhati-hati dalam pengisian data PDSS. Seluruh data yang diisikan adalah sesuasi dengan kenyataan.

Proses SNMPTN diawali dengan pengisian dan verifikasi PDSS sudah dibuka sejak 13 Januari hingga 10 Februari. Setelah itu, dilanjutkan pendaftaran SNMPTN pada 21 Februari – 6 Maret, dan pengumuman 17 April. Bagi yang diterima wajib mengikuti daftar ulang pada 8 Mei bersamaan dengan SBMPTN.

Mengenai kuota di perguruan tinggi, pemerintah telah mengatur minimal 30% dari total kuota yang dibuka untuk SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan untuk seleksi mandiri dibatasi maksimal 30%. (Andi)

Check Also

Gagal Lulus UN, Hasil Seleksi SNMPTN Dipastikan Batal

Edupost.id – Tahun ini, pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak menggunakan nilai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *