Jumat , 21 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Jawa Tengah kembali Jadi Juara Umum FLS2N

Jawa Tengah kembali Jadi Juara Umum FLS2N

Edupost.id – Provinsi Jawa Tengah kembali meraih gelar juara umum dalam pergelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 di Manado, Sulawesi Utara. Kemenangan ini disusul Jawa Barat dan DKI Jakarta yang berada di urutan juara kedua dan ketiga.
“Saat pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah mengatakan bahwa piala juara umum ini dititipkan sementara, dan terbukti sekarang kami akan membawa lagi piala ini,” ucap perwakilan Dinas Pendidikan Jawa Tengah saat menerima piala bergilir yang diserahkan Direktur Pendidikan Sekolah Dasar Wowon Wirdayat dalam penutupan FLS2N di Hotel Sutan Raja, Manado, (2/9/).
Tahun 2015 lalu, Jawa Tengah memboyong 11 emas, tiga perak dan dua perunggu dan membawa pulang gelar juara umum. Di tahun ini, peserta dari provinsi tersebut berhasil mendulang 24 medali masing-masing 13 emas, tujuh perak, dan empat perunggu. Sementara itu, juara kedua Jawa Barat dengan perolehan 17 medali, 10 emas, lima perak, dan dua perunggu. Kemudian, disusul juara ketiga DKI Jakarta dengan raihan 14 medali, sembilan emas, dua perak, dan tiga perunggu.
Pengumuman juara umum dilakukan secara unik. Seorang pelukis dengan media pasir menggambar Jawa Tengah lewat lukisannya. Sebelum melukis sang juara, pelukis pasir terlebih dahulu menggambarkan kegiatan-kegiatan FLS2N, juga Manado sebagai tuan rumah. Begitu pula saat melukis pemenang, pelukis pasir terlebih dulu melukis provinsi DKI Jakarta yang disimbolkan dengan Monas dan Manado yang digambarkan dengan alat senorkeling. Selama melukis, lagu-lagu daerah seperti Cikcik Periuk dan Yamko Rambe Yamko bergema di lokasi pengumuman.
Momentum ketika Jawa Tengah dilukis sebagai pemenang dengan ikon Candi Borobudur, sontak peserta Jawa Tengah berteriak dan bertepuk tangan riuh. Setelah diumumkan, piala bergilir kembali diberikan kepada perwakilan Jawa Tengah oleh Direktur Pembinaan SD Wowon Wirdayat.
Prosesi pengumuman juga dimeriahkan penampilan Petra Sihombing yang membawakan lagu nasional Tanah Airku, Jemu (dipopulerkan oleh Koes Plus), dan lagu-lagu andalannya. Salah satu lagu yang turut dinyanyikan para peserta dengan kompak adalah You’ll be Mine. Hadir pula Vierra Tale yang membawakan lagu-lagu andalannya di hadapan para peserta sebelum meninggalkan lokasi penutupan FLS2N 2016. (Kemdikbud/IK-SS)

Check Also

Dua Ribu Pelajar Ramaikan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Dua Ribu Pelajar Ramaikan Ajang FLS2N di Manado

Edupost.id – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 resmi dibuka Menteri Pendidikan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *