Senin , 11 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016
Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016
(ilustrasi) Jawa Timur Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016 (foto: Kemenag)

Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016

Edupost.id – Provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ke-5 Tahun 2016. Jawa Timur pada KSM tahun ini berhasil menyabet 11 medali, dengan rincian 9 medali emas dan dua medali perak. Atas keberhasilan menjadi juara umum, Jawa Timur berhak membawa piala bergilir Kementerian Agama, yang diserahkan langsung oleh Direktur Pendidikan Madrasah, Nurkholis Setiawan.

Di tingkat MI, Jawa Timur meraih dua emas pada bidang Matematika dan IPA. Sedangkan di tingkat MTs, tiga medali emas berhasil diraih pada bidang Matematika, Biologi, dan Fisika. Empat medali emas berikutnya diraih oleh kontingen MA pada bidang Matematika, Biologi, Kimia, dan Ekonomi. Sementara, dua medali perak diraih dari bidang Geografi dan Fisika MA.

Pengumuman juara KSM disampaikan bersamaan dengan Penutupan KSM ke 5 tahun 2016 pada Jumat (26/8) malam. Secara resmi, ajang tahunan ini ditutup oleh Direktur Pendidikan Madrasah, Nurkholis Setiawan. Dalam sambutannya, Nurkholis menyampaikan selamat kepada Jawa Timur selaku juara umum pada KSM ke 5 tahun 2016. Ia berharap, prestasi siswa-siswi madrasah dalam ajang ini dapat menjadikan madrasah lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, Nurkholis juga mengharapkan, agar siswa-siswi madrasah harus mengedepankan akhlak mulia, yang menjadi bagian dari revolusi mental. Sebab, lanjutnya, di tengah-tengah kerendahan hati, siswa-siswi madrasah dapat menunjukkan bahwa mereka mampu berprestasi dalam berbagai bidang ilmu.

Selain memperoleh medali, para juara KSM juga diberikan penghargaan uang pembinaan. Sementara, perhelatan KSM ke-6 mendatang akan dilangsungkan di Yogyakarta. (Andi/Kemenag).

Check Also

Jawa Timur Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2016

DIY Siap Jadi Tuan Rumah Aksioma, KSM, LKTI, dan Ekspo Madrasah 2017

Edupost.ID – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *