Kamis , 21 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Jelang UN Online, Pemerintah Mengecek Kesiapan Tiap Sekolah

Jelang UN Online, Pemerintah Mengecek Kesiapan Tiap Sekolah

JAKARTA – Pemerintah akan menerapkan sistem Ujian Nasional (UN) computer based test (CBT) di tahun ini. Mendekati waktu pelaksanaan UN, pemerintah mulai memastikan kesiapan tiap sekolah yang akan melaksanakanUN online ini.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman menyebutkan, saat ini pihaknya masih menunggu verifikasi dari panitia pusat UN terhadap keenam sekolah di Bengkulu yang dinyatakan siap mengadakan UN CBT.

“Dari enam sekolah tersebut, lima di antaranya SMK Negeri dan satu SMP Negeri,” ujar Atisar, dilansir Okezone.

Atisar menambahkan, tahun ini Pemprov Bengkulu memberikan dana Rp3 miliar dari APBD sebagai biaya penyelenggaraan UN 2015. Dana ini akan dipakai untuk pembayaran honor tim pengawas, transportasi, pemindaian, serta pencetakan soal ujian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sadly Lesnusa menyampaikan, pihaknya belum siap melaksanakan UN CBT. Padahal, panitia pusat sudah menetapkan sejumlah sekolah di Palu untuk mengadakan UN online baik jenjang SMA maupun SMP.

Menurut Sadly, ketidaksiapan tersebut disebabkan oleh fasilitas komputer di sekolah yang ditunjuk belum memadai. Selain itu, asupan listrik di kota tersebut juga tidak stabil.

“Bagaimana kalau sementara pelaksanaan ujian, tiba-tiba listrik padam?” ujarnya.

Hal senada disampaikan, Kepala SMPN 2 Palu, Arsid Nurdin yang menyebutkan, Kota Palu belum siap melaksanakan UN online karena berbagai hal mendasar yang belum mendukung. SMPN 2 sendiri, lanjutnya, merupakan salah satu sekolah yang sejatinya ditunjuk untuk melaksanakan UN online tahun ini.

Arsid mengungkapkan, pelaksanaan UN online di Kota Palu lebih baik ditunda dulu ketimbang dipaksakan dan tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan bisa merugikan peserta.

Check Also

Hari kiamat

23 September 2017 Bumi Kiamat, Benarkah?

Edupost.id – Seorang Numerolog Kristen, David Meade, meramalkan akan terjadi kiamat pada 23 September 2017. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *