Selasa , 17 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Kakek 61 Tahun Jadi Peserta Ujian Nasional Paket C
Kakek 61 tahun ikut unpk
Kakek 61 tahun jadi peserta UNPK

Kakek 61 Tahun Jadi Peserta Ujian Nasional Paket C

Edupost.id, Bogor – Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C atau setara dengan SMA berlangsung sejak Senin-Jumat (4-8/4) mendatang. Dalam ujian kali ini ada peserta yang telah berusia lanjut yaitu seorang kakek berumur 61 tahun. Ia menjadi peserta tertua yang mengikuti ujian nasional atau UNPK di Kota bogor untuk jurusan IPS tahun ini.

“Peserta yang ikut ujian memang ada dan peserta tertua tahun ini. Kami biasa memanggiilnya Pak Haji,” ujar Panitia, Tohir kepada Edupost.id.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Ritta Tresnayanti membenarkan hal tersebut. Kakek tersebut atau yang biasa disapa Pak Haji menjadi peserta tertua yang mengikuti ujian Paket C di SMPN 12, Bogor. Sebagian besar yang mengikuti UNPK 2016 sudah berusia dewasa karena sudah banyak yang bekerja. Sementara, untuk peserta yang hamil, diperbolehkan mengikuti ujian.

“Tidak apa-apa kalau yang hamil di Paket C. Namun, saya tidak tahu saat ini ada yang hamil atau tidak,” jelasnya.
Ritta menilai bahwa pembelajaran di Paket C sendiri tidak seperti di sekolah formal. Siswanya dapat belajar dimana saja seperti di bawah pohon, aula dan lainnya. Sehingga tidak ada masalah jika siswa yang hamil mengikuti UNPK 2016, sistem ujiannya sendiri masih menggunakan kertas dan pensil.

Penanggungjawab Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al Jauhar, Musdalifah membenarkan bahwa peserta tertua UNPK 2016 tengah mengikuti ujian di SMPN 12. “Iya, tapi dia bukan dari PKBM kami. Tahun lalu PKBM kami ada peserta termuda yang mengikuti UNPK,” tuturnya. (Nisa)

Check Also

SMA Muha buat Aplikasi Perpustakaan

SMA Muha Luncurkan Aplikasi Perpustakaan mLibsys

Edupost.ID – SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta telah meluncurkan aplikasi perpustakaan berbasis Android Mobile Library …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *