Rabu , 18 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Kartu Jakarta Pintar Rambah Kalangan Mahasiswa
kartu jakarta pintar
Kartu Jakarta Pintar (foto: Disdik Prov DKI Jakarta dok.)

Kartu Jakarta Pintar Rambah Kalangan Mahasiswa

Edupost.id, Jakarta – Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi siswa SD hingga SMA. Kini, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta berencana menjadikan program ini dapat dinikmati mahasiswa di perguruan tinggi. Untuk mewujudkan program itu, Disdik DKI akan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

“Tahun ini sebanyak 3.500 penerima on-going KJP, yaitu siswa kelas 12 di Provinsi DKI Jakarta akan menempuh jalur lanjutan ke jenjang pendidikan tinggi. Jadi, Disdik Pemprov DKI Jakarta perlu pencerahan dari Kemristekdikti agar mereka bisa ditampung di perguruan tinggi”, ujar Kepala UPT P60 Disdik Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana dalam siaran pers.

KJP merupakan program strategis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu. KJP bertujuan untuk mengenyam pendidikan dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, Dirjen Belmawa Kemristekdikti, Intan Ahmad menyampaikan, apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta atas program KJP lanjutan. “Baiknya Pemprov DKI Jakarta dapat ber-MoU dengan Kemristekdikti agar program ini dapat segera terlaksana di tahun 2016 ini,” tegasnya.

Pendapat serupa disampaikan Staf Gubernur DKI Jakarta Bidang Pendidikan, Fiona Handayani. Sebagai rencana awalnya, penerima KJP diproyeksikan untuk mengambil kuliah di Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Jalur yang diambil yatu SNMPTN/SBMPTN dengan target perolehan IPK minimal 2,5. (Kemristekdikti/Nisa)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *