Rabu , 18 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Kemdikbud Sebut UNBK Efektif Tekan Kecurangan
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Kemdikbud Sebut UNBK Efektif Tekan Kecurangan

Edupost.id – Kemdikbud berencana menerapkan kembali Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) di tahun selanjutnya. Kemdikbud menyebut, UNBK efektif menekan angka kecurangan ujian nasional.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno menyampaikan, UNBK efektif menghentikan praktik ketidakjujuran di sekolah. Sekolah yang selama ini tidak jujur, lanjutnya, meskipun capaian nilai UN-nya turun, telah terkoreksi dengan adanya UNBK.

“Oleh karena itu, selama dua tahun terakhir ini kita tidak memberikan apresiasi atas capaian nilai UN, tetapi kita lebih mengapresiasi capaian kejujuran atau indeks integritas,” ucapnya.

Totok mengingatkan, para kepala dinas pendidikan untuk tidak menjadikan UNBK sebagai justifikasi atau alasan pengadaan komputer secara besar-besaran.

“Kalau pun sekolah atau dinas pendidikan membeli komputer, harus dimaksudkan untuk peningkatan proses pembelajaran, bukan hanya untuk UNBK. Jika kita memaksakan diri untuk melaksanakan UBNK, kita telah mencederai esensi UNBK itu sendiri,” jelasnya.

Walau demikian, Totok tidak menafikan, masih ada kendala dan hambatan yang perlu dijadikan pelajaran pada masa mendatang dalam penerapan UNBK. Oleh karena itu, perlu diadakan forum evaluasi secara rutin untuk mengetahui kekurangan. (Kemdikbud/ IK-SS)

Check Also

UNBK 2016

DIY Pastikan 100 Persen SMP, SMA, SMK Siap Gelar UNBK

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan siap menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *