Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Kemdikbud Ujicobakan KIP Plus di Yogyakarta
Kartu Indonesia Pintar
Kartu Indonesia Pintar (foto: rri)

Kemdikbud Ujicobakan KIP Plus di Yogyakarta

Edupost.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan uji coba Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang disebut dengan KIP Plus. Pelaksanaan ujicoba Penggunaan KIP Plus ini dilakukan pertama kali di Yogyakarta. Dalam program ini, pemerintah menggandeng BNI dan BRI sebagai bank penyalur.

Sebagai tawap awal, Kemendikbud menyerahkan 1.295 KIP Plus kepada sebagian peserta didik penerima PIP di Kota Yogyakarta. Rinciannya, 629 kartu untuk siswa SMP, 142 kartu untuk siswa SMA dan 524 kartu untuk siswa SMK.

Direktur Consumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo dalam siaran persnya mengatakan, KIP Plus merupakan kartu elektronik yang diberikan kepada penerima PIP yang di dalamnya ditanamkan dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi untuk mengakses rekening Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) dan rekening e-wallet.

Sebagai tabungan, Tabungan SimPel dan KIP akan menjadi sarana penyimpanan dana PIP dan dapat ditarik dan ditransaksikan kapan pun sesuai kebutuhan siswa penerima KIP. Pencairan dana bantuan PIP ini dapat dilakukan di ATM dan teller BNI untuk dana yang ada di rekening tabungannya.

Adapun sebagai e-wallet, dana PIP dapat digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah secara non tunai, di Koperasi Sekolah, toko perlengkapan sekolah, toko buku atau merchant yang bertanda khusus menerima KIP dan sudah menjadi Agen46 (Agen Laku Pandai BNI).

Check Also

Kemdikbud

Bantah Larang Nonton Anime, Kemdikbud Adukan Akun Palsu

Edupost.id- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud melaporkan akun penyebar berita palsu (hoax) ke Facebook. Akun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *