Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Kemendikbud akan Gelar UN Online di 458 Sekolah

Kemendikbud akan Gelar UN Online di 458 Sekolah

Jakarta- Ujian nasional (UN) dengan computer based test (CBT) akan diselenggarakan di 458 sekolah di seluruh Indonesia. “Sekolah-sekolah yang akan melaksanakan UN CBT ini tersebar di 27 provinsi,” terang Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Nizam, seperti diberitakan Republika.

Ia mengungkapkan bahwa 458 sekolah tersebut telah lolos verifikasi data terkait pemenuhan sarana dan prasarana serta sumber daya manusianya.Data itu diperoleh dari masukan direktorat-direktorat pembinaan dari SMP, SMA, dan SMKkemudian dikirim ke provinsi untuk melakukan verifikasi data.

“Pihak provinsi melakukan verifikasi data benar tidak sekolah-sekolah itu punya atau cukup sarana dan prasarananya dan SDM, kemudian dari provinsi itu, kita dapat masukan, maka kita dapat 458 sekolah itu,” jelas Nizam.

Berdasarkan rasio jumlah komputer dan siswa 1:3, lanjutnya,akan ada tiga ‘shift’ (pergantian waktu) yakni pagi, siang dan sore sehingga hanya satu mata pelajaran akan diujikan setiap harinya.”Kalau di CBT, siswa akan ujian gantian jadi satu hari hanya satu mata pelajaran, dengan diakumulasikan dengan enam mata pelajaran berarti enam hari. Tapi kalau papar based bisa dua mata pelajaran diujikan sehari,” ucap Nizam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar UN CBT bagi sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK).Pelaksanaan UN CBT diadakan pada 7 April 2015 lebih awal daripada UN tertulis atau “paper based test” yang dilaksanakan pada 13 April 2015.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *