Selasa , 27 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Kemendikbud Dukung Literasi  untuk Kualitas Isi Buku
Akademi Treenspira: Bentuk Pelajar Berkarakter, Unggul, dan Inspiratif
Akademi Treenspira: Bentuk Pelajar Berkarakter, Unggul, dan Inspiratif (foto: Treenspira)

Kemendikbud Dukung Literasi  untuk Kualitas Isi Buku

Edupost.ID- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar forum diskusi bersama Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), untuk mendukung gerakan literasi yang saat ini tengah menjadi salah satu program utama bagi penduan penjenjangan buku.

Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, “Jangan sampai hanya fokus pada penjenjangan, tapi inti dari bahan-bahan bacaannya juga diperhatikan,” ujar Mendikbud.

Selain penjenjangan, penting juga untuk membahas tentang bagaimana membangun kultur membaca di lingkungan sekolah. Tidak sekedar bicara tentang masalah penjenjangan saja di sekolah, namun bagaimana membangun paradigma baru kultur baca di lingkungan sekolah.

Untuk mendukung program membaca 1 menit, Ketua IKPAI Rosidayati Rozalina menghimbau agar melengkapi ketersediaan buku yang memenuhi kualitas, kelayakan dan kesesuaian buku sesuai usia pembacanya.

“Karena itu diperlukan pedoman atau panduan untuk menerbitkan buku-buku non-teks agar sesuai dengan usia dan kelas para pembacanya,” kata Rosidayati. Diskusi juga diharapkan mampu menghasilkan gagasan yang dapat menjadi bahan dalam meningkatkan mutu Indonesia dalam bidang perbukuan. (Inan)

Check Also

seniman mengajar kemendikbud

Pendaftaran “Seniman Mengajar” di Daerah Terpencil Mulai Dibuka

Edupost.id – Pendaftaran kegiatan “Seniman Mengajar” yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *