Rabu , 28 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Khawatir Masalah Teknis, Tiap Sekolah Penuh Persiapan
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Khawatir Masalah Teknis, Tiap Sekolah Penuh Persiapan

Edupost.ID- Persiapan dan pendataan sekolah menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017, telah dilaksanakan di beberapa sekolah di seluruh Indonesia. Karena khawatir dengan masalah teknis saat pelaksanaan, persiapan diperketat untuk hasil yang lebih optimal.

“Hampir semua dipersiapkan sejak sebulan lalu untuk UNBK 2017 berkaitan dengan mental anak dan juga fasilitas komputer yang diperlukan” ujar DeviSri, guru Bahasa Indonesia SMA 4 Magelang kepada Edupost.id, (23/1).

Sebagai penghubung antara siswa dengan pemerintahan, pihak sekolah seluruh Indonesia harus tetap melakukan simulasi atau Try Out untuk menunjang kelancaran siswa peserta UNBK 2017. Berdasarkan pengalaman UNBK pada tahun sebelumnya di beberapa sekolah yang mengalami masalah saat pelaksanaan UNBK seperti listrik yang sempat padam, siswa yang jatuh sakit saat pelaksanaan UNBK, atau kurangnya komputer Ujian membuat pihak sekolah lebih bersiap.

“Masalah listrik padam ataupun siswa yang jatuh sakit saat pelaksanaan UNBK, harus terus diperhatikan dan diberi solusi,” kata Devi.

Sementara itu Ria Melinda Ayu, siswi kelas XII SMK Taruna Terpadu 2 Bogor mengatakan “Sejak minggu ini kami terus latihan untuk UNBK, mulai try out, ujian sekolah, dan melalui Uji Kompetensi Kejuruan, melatih kesabaran mengisi soal ujian pakai komputer, ungkap Ria kepada Edupost.id (23/1).

Menurut Ria, pelaksanaan UNBK 2017 merupakan kali pertama bagi Ria dan kawan-kawan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan. “Awalnya pasti grogi karena takut tidak bisa login dan jawaban tidak terbaca komputer. Meskipun pengisian soal tidak akan hilang, namun masih tetap ada keraguan mengisi soal. Apalagi pengawas yang dihadirkan bukan hanya dari sekolah sendiri,” jelas Ria. (Inan)

Check Also

Korban kekerasan seksual anak

Nunggak Bayaran Sekolah, Guru Suruh Siswanya Jual Diri

Edupost.id – Posko Pengaduan UNBK FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia) kembali menerima informasi terkait SMKN 3 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *