Senin , 5 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / KIP Plus Bisa untuk Belanja Non Tunai
Kartu-Menuju-Sejahtera
Kartu Menuju Sejahtera (foto: rri)

KIP Plus Bisa untuk Belanja Non Tunai

Edupost.ID – Siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Plus (KIP Plus) di Yogyakarta memiliki kemudahan untuk mencairkan uangnya untuk kebutuhan pendidikan. Kartu pintar ini dapat digunakan oleh siswa pemegangnya untuk berbelanja kebutuhan sekolah secara non tunai.. Namun, kartu ini hanya dapat digunakan di marchand tertentu yang telah bekerjasama dengan pihak bank penyalur.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, K. Baskara Aji menyebut ada 40 marchand di Yogyakarta yang dapat menjadi mitra belanja keperluan sekolah. Marchand yang dimaksud adalah koperasi sekolah dan beberapa toko buku di Yogyakarta.

“KIP Plus bisa digunakan di sekitar 40 marchand di Yogyakarta, sepertu koperasi sekolah dan toko buku,” ujar Aji.

Ditambahkan, berdasarkan aturan yang ada, setiap siswa pemegang KIP Plus hanya dapat mencairkan bantuan dalam bentuk uang maksimal 50% dari total bantuan. Sisa dananya dapat digunakan untuk memenuhi keperluan peralatan sekolah dengan non tunai.

Disdikpora DIY juga siap mengawasi penyaluran KIP di DIY. Pengawasan meliputi ketepatsasaran data penerima maupun penggunaan dana.

Secara nasional, penerima dana Program Indonesia Pintar sebanyak 17,9 juta siswa. Jumlah itu terdiri atas 10,5 juta siswa SD, 4,3 juta siswa SMP, 1,3 juta siswa SMA, dan 1,8 juta siswa SMK. Sebagai tawap awal, Kemendikbud menyerahkan 1.295 KIP Plus kepada sebagian peserta didik penerima PIP di Kota Yogyakarta. Rinciannya, 629 kartu untuk siswa SMP, 142 kartu untuk siswa SMA dan 524 kartu untuk siswa SMK. (Andi)

Check Also

Kartu-Indonesia-pintar

Pencairan KIP di Daerah Dipantau Kemendikbud

Edupost.ID- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi Pulau Barrang Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *