Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Kisi-Kisi UN SMP untuk Bahasa Indonesia dan Inggris
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

Kisi-Kisi UN SMP untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Edupost.id – Ujian Nasional (UN) 2016 tidak lama lagi dihadapi siswa SMP/MTs. Banyak persiapan yang dilakukan agar lancar mengerjakan soal ujian. Seperti yang dilansir dari laman resmi Kemdikbud RI, berikut kisi-kisi UN SMP untuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

A. Bahasa Indonesia (jenis teks yang digunakan:Teks laporan, eksposisi, ulasan, biografi, prosedur, tanggapan kritis, cerpen, dan fabel)

  1. Menentukan makna kata atau kalimat pada teks, menentukan informasitersurat teks, menentukan bagianteks, menentukan makna katadalam cerpen dan fabel, menentukan maknatersurat dalam cerpen dan fabel, menentukan bagiancerpen dan fabel, melengkapi teks dengan kata ataunkalimat, mampu menunjukkan kesalahan penggunaan (kata, kalimat, kepaduan paragraf), dan menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan atau tanda baca.
  1. Menentukan ide pokok teks, menyimpulkan isi teks, menyimpulkan pendapat (pro atau kontra), meringkas isi teks, mampu menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel, menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen atau fabel, menyimpulkan sebab atau akibat konflik, menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks, melengkapi (kata, kalimat, paragraf), menggunakan istilah dalam kalimat, menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata), menggunakan ejaan, dan menggunakan tanda
  1. Membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks, menilai keunggulan atau kelemahan karya sastra, mampu membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel, membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel mengomentari isi, pola pengembangan atau bahasa, mengubah teks ke dalam bentuk lain, menulis teks singkat sesuai dengan konteks, memperbaiki kesalahan penggunaan ( kata,kalimat, dan ketidakpaduan paragraf), menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf, memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca, dan menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

B. Bahasa Inggris

  1. Mengidentifikasi topik atau tujuan teks fungsional pendek (pesan singkat,undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur,naratif,recount dan report), mengidentifikasi langkah kerja atau urutan atau alur atau plot dari kejadian atau peristiwa atau tindakan dalamteks fungsional pendek (pesan singkat,undangan,pengumuman, iklan, dansurat) dan esei pendek (deskriptif,prosedur, naratif,recount dan report), mengidentifikasi ungkapan atau kata yang memiliki makna yang sama yang terdapat dalam teks fungsional pendek (pesan singkat,undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esai pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report.
  1. Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah atau alat atau peristiwa atau bagian atau aspek yang ada disebutkan dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report), menentukan susunan kata atau kalimat acak dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report) yang tepat, menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esai pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report, menentukan bentuk gramatika yang tepat sesuai konteks dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esei pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report).
  1. Menyimpulkan fungsi atau akibat atau efek setelah membaca teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esai pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report, menyimpulkan hasil dari langkah, langkah tindakan yang terdapat dalam teks dalam teks fungsional pendek (pesan singkat, undangan,pengumuman, iklan, dan surat) dan esai pendek (deskriptif, prosedur, naratif, recount dan report).
  1. Mengidentifikasi topik atau tujuan teks fungsional pendek (Invitation, Announcement, Advertisement, Letter; Esai pendek, Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report), mengidentifikasi langkah kerja atau urutan alur atau plot dari kejadian atau peristiwa atau tindakan dalam teks esai pendek (Procedure, Recount, Narrative, Descriptive, Report), Mengidentifikasi ungkapan atau kata yang memiliki makna yang sama dalam teks fungsional pendek (Invitation, Announcement, Advertisement, Letter, Esai pendek, Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report), menentukan kata atau bentuk gramatika yang tepat untuk melengkapi teks esai pendek (Narrative, Recount, Procedure).
  1. Menerapkan fungsi detil dari setiap langkah atau alat atau peristiwa atau bagian atau aspek yang ada disebutkan dalam teks fungsional pendek (Invitation, Announcement, Advertisement, Letter, Esai pendek, Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report), menjelaskan keterkaitan antara langkah satu dengan yang lainnya dalam teks fungsional pendek (Invitation, Announcement, Advertisement, Letter, Esai pendek, Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report), menentukansusunankata yang tepatdalam kalimatyangterdapat dalam teksesai pendek (Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report).
  1. Menentukan akibat setelah membaca teks fungsional pendek (Invitation, Announcement, Advertisement, Letter, Esai pendek, Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report), menyimpulkan hasil dari langkah yang dilakukan atau tidak dilakukan dalam teks fungsional pendek (Invitation, Announcement, Advertisement, Letter, Esai pendek, Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, Report).  (Nisa)

Check Also

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Pertahankan Gelar Juara Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – Tim robot terbang UGM, Gamaforce, kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada ajang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *