Minggu , 26 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Kompetisi Sains Madrasah 2016 Resmi Dibuka di Pontianak
Siswa madrasah menerapkan ilmu sains
Ilustrasi. Siswa madrasah menerapkan ilmu sains

Kompetisi Sains Madrasah 2016 Resmi Dibuka di Pontianak

Edupos.id – Perhelatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ke-5 tahun 2016 resmi dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Serba Guna Pontianak Convention Center (PCC), Kota Pontianak, Kalimantan Barat, (23/8). Perhelatan ini akan berlangsung hingga 27 Agustus 2016.

Di hadapan sekitar 865 peserta dan pendamping KSM dari seluruh Indonesia, Menag menyambut baik KSM dan mendukung secara penuh kegiatan seperti ini untuk terus dilaksanakan setiap tahun. Dia juga menyambut baik keterlibatan siswa sekolah umum di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada event KSM mulai tahun 2016 ini. Ini merupakan bukti bahwa siswa madrasah siap bersaing dan berkompetisi secara fair dalam setiap lomba dan kompetisi.

“Saya harus katakan bahwa saya bangga melihat kemajuan yang telah dicapai lembaga pendidikan madrasah saat ini. Siswa-siswi madrasah telah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan bangsa Indonesia di berbagai ajang kompetisi nasional maupun internasional,” ujar Menag, dilansir laman NU Online.

KSM tahun 2016 ini dijadikan sebagai ajang pembuktian prestasi para siswa madrasah dari seluruh Indonesia di bidang sains dan agama. Dalam KSM kali ini, selain kompetisi sains dan Agama Islam, ada beberapa kegiatan antara lain Surya Game Online dan matematika gasing berbasis sains hasil kerja sama dengan Surya University, workshop motivasi pengembangan diri dan rembuk nasional bidang kesiswaan madrasah se-Indonesia.

Untuk tingkat MI/SD, bidang yang dilombakan adalah Matematika Agama Islam, IPA dan Agama Islam. Sedang tingkat MTs/SMP, ada Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam serta Fisika dan Agama Islam. Sementara untuk tingkat MA/SMU, ada 6 bidang perlombaan, yakni Matematika dan Agama Islam, Biologi dan Agama Islam, Fisika dan Agama Islam, Kimia dan Agama Islam, Ekonomi dan Agama Islam serta Geogragfi dan Agama Islam. (Andi)

Check Also

KSM 2016, Kontingen DIY Raih 11 Medali

KSM 2016, Kontingen DIY Raih 11 Medali

Edupost.id – Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil meraih 11 medali pada ajang Kompetisi Sains …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *