Jumat , 24 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan
guru-mengajar
Proses belajar mengajar mengajar di MAN 1 Surakarta (foto: Rohman)

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) no 75 tahun 2017 yang membolehkan sekolah menarik sumbangan. Pihaknya masih akan mengatur mekanisme pelaksanaan Permendiknas ini.

Edy menuturkan, besaran sumbangan dari masyarakat untuk sekolah butuh mekanisme dan batasan yang jelas. Nantinya mekanisme ini akasn dituangkan dalam produk hukum turunan Peraturan Walikota atau Keputusan Walikota sebagai pedoman. Produk hukum tersebut akan dibuat setelah ada pertemuan dengan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

“Nanti akan kami bicarakan terlebih dahulu soal sumbangan ini,” kata Edy.

Nantinya produk hukum turunan ini akan menjadi pedoman bagi sekolah dan komite sekolah di Kota Yogyakarta untuk melaksanakan Permendiknas tersebut dalam menarik sumbangan. Menurutnya, sejauh ini biaya pendidikan SD-SMP masih ditopang penuh dari APBD.

Edy menambahkan, kemungkinan Permendikbud ini akan mulai diberlakukan di Kota Yogyakarta pada tahun ajaran baru mendatang. Sumbangan dari siswa juga tidak boleh mengikat.

“Kemungkinan bisa direalisasikan tahun ajaran baru. Sumbangan ini, nantinya tidak mengikat. ,” katanya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *