Minggu , 19 Februari 2017
Home / Berita Pendidikan / KPAI: Mucikari yang Manfaatkan Pelajar Harus Dijerat UU
pelajar sma
Ilustrasi: Pelajar SMA

KPAI: Mucikari yang Manfaatkan Pelajar Harus Dijerat UU

Edupost.id- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan, pelaku prostitusi yang manfaatkan pelajar harus dijerat pasal berlapis. Selain UU Perlindungan anak, pelaku  harus dijerat UU Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

“Karena ini sudah kasus perdagangan orang. KPAI mendukung harus dihukum seberat-beratnya,” ujar Rita.

Menurut Rita, kasus yang menimpa DA dan Y kerap terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, maupun Surabaya merupakan perlakuan yang bahaya bagi pelajar di Indonesia saat ini. Kasus semacam ini, tidak berlandaskan karena masalah ekonomi semata namun juga pergaulan, “Mereka tidak dampak kedepannya seperti apa bahanya apa selanjutnya,” ungkap Rita.

Perhatian terhadap sikap anak yang cenderung tak stabil membuat sindikat ini dengan mudah melakukan perekrutan kepada anak di bawah umur. ‎Kondisi ini kemudian diperburuk dengan sejumlah anak yang berpikir secara instan. Untuk mengatasi hal itu, dibutuhkan pula peran orang tua untuk mengawasi masalah itu. Pengawasan secara internal terhadap anak wajib dilakukan hingga‎ mengetahui dengan siapa si anak bergaul hingga kesehariannya.
“Anggaplah anak sebagai kawan, sehingga anak menjadi terbuka,” jelas, Rita yang juga pemerhati anak Indonesia. Sebelumnya diberitakan petugas Polsek Taman Sari membongkar praktik prostitusi yang melibatkan dua siswi SMA di salah satu hotel di Jakarta Barat. Selain menangkap dua siswi tersebut, petugas juga meringkus WP yang tak lain mucikari dan AD pembeli siswa. (KPAI/Inan)

Check Also

siswa SD

Video Presiden dengan Anak SD Diminta Tidak Beredar

Edupost.id- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh berembuk dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *