Minggu , 21 Januari 2018
Home / Berita Pendidikan / Lebih dari Dua Ribu Siswa Ikuti Aksioma-KSM 2017
Lebih dari Dua Ribu Siswa Ikuti Aksioma-KSM 2017
Lebih dari Dua Ribu Siswa Ikuti Aksioma-KSM 2017

Lebih dari Dua Ribu Siswa Ikuti Aksioma-KSM 2017

Edupost.id – Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan Ajang Kompetisi Sains Olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2017 diikuti oleh siswa terbaik dari tiap provinsi. Lebih dari dua ribu siswa menjadi peserta gelaran akbar ini.

“Mereka adalah siswa terbaik yang telah lulus seleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi,” terang Kamaruddin Amin saat memberikan keterangan pers di Stadion Krida Mandala Yogyakarta, Senin (7/8).

Aksioma yang diselenggarakan dua tahun sekali ini mempertandingkan sejumlah lomba, antara lain pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia, kaligrafi, musabaqah tilawatil qur’an, hifdzil qur’an, hadroh, futsal, tenis meja, dan bulu tangkis. AKSIOMA diselenggarakan 2 tahun sekali. Sementara, sejumlah ajang yang dilombakan dalam KSM antara lain: Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Ekonomi, dan Geografi. KSM ini dicirikan dengan adanya proses integrasi sains dan agama Islam.

Ditambahkan, Kementerian Agama juga membuka pendaftaran secara terbuka bagi sekolah-sekolah umum. Namun, hanya beberapa sekolah umum yang mendaftar. “Besar kemungkinan hal ini disebabkan karena pengintegasian antara sains dan agama Islam yang memberatkan sekolah umum untuk mengikutinya,” ujar Kamaruddin.

Yang berbeda dalam penyekenggaraan tahun ini dibanding tahun sebelumnya adalah pemanfaatan IT. Tahun ini, semua proses dilakuan berbasis IT, mulai dari pendaftaran, validasi kepesertaan dan semua yang menyangkut kompetisi sudah dilakukan berbasis IT.

Selain Aksioma dan KSM, dalam ajang ini juga digelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Madrasah Expo. Seluruh kegiatan digelar di kampus UINNSunan Kalijaga Yogyakarta, GOR Amongrogo, dan lapangan futsal Jogokaryan. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *