Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Literasi Siswa, MAN Godean Luncurkan Gerakan Membaca dan Menulis
Literasi Siswa, MAN Godean Luncurkan Gerakan Membaca dan Menulis
Literasi Siswa, MAN Godean Luncurkan Gerakan Membaca dan Menulis (foto: MANGodean)

Literasi Siswa, MAN Godean Luncurkan Gerakan Membaca dan Menulis

Edupost.ID – MAN Godean Kabupaten Sleman hari ini Sabtu (29/10) kemarin mengadakan peluncuran gerakan MAN Godean Gemar Membaca dan Menulis (MGGM). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran aktif sekolah ini dalam pengembangan pendidikan literasi. Selain itu, sekolah ini juga meluncurkan tiga buku antologi karya siswa.

Waka Kesiswaan MAN Godean, Asri Widyawati mengatakan, peluncuran gerakan ini ditandai dengan kegiatan menulis yang dilakukan siswa. Mereka diberikan waktu 15 menit untuk menuliskan harapan dan keinginan mereka terhadap orang tua masing – masing. Hasil tulisan siswa akan disampaikan kepada orang tua siswa pada acara pertemuan orang tua dengan wali kelas.

Mengenai peluncuran buku, Asri menyebut ada tiga judul yang diluncurkan perdana. Ketiga buku ini merupakan kumpulan tulisan siswa yang berisi puisi, cerpen, dan artikel. “Ada tiga buku yang diluncurkan, terdiri dari antologi cerpen, puisi dan artikel siswa,” terang Asri kepada Edupost.ID.

Kepala MAN Godean, Ulul Ajib menambahkan, gerakan MAN Godean Gemar Membaca dan Menulis merupakan upaya sekolah ini untuk merealisasikan program literasi sekolah yang digagas pemerintah pusat. Selain itu, pihaknya juga tengah mengupayakan untuk mendorong siswa untuk  menulis dan membaca buku.

“Fasilitas yang serba IT mengabaikan sisi manual, termasuk dalam membaca. Kebanyakan siswa lebih menyukai membaca buku digital daripada membaca kertas. Kegiatan ini sebagai upaya kami menindaklanjuti program literasi sekolah,” ujar Ulul.

Ditambahkan Ulul, pihaknya saat ini sedang menggiatkan kegiatan literasi di kalangan siswa. Harapannya, ke depan budaya literasi siswa di sekolah ini akan mengalamai perkembangan yang positif.

Dipilihnya peluncuran gerakan ini pada bulan Oktober, menurut Ulul karena pada bulan ini bertepatan dengan berbagai hari bersejarah. Pada bulan ini diperingati sebagai Bulan Bahasa,  Sumpah Pemuda, juga Hari Santri Nasional.

Kegiatan peluncuran MGGM dan buku ini dikemas bersamaan dengan acara peringatan Bulan Bahasa 2016 dan Krida Akbar. Acara Bulan Bahasa berisi berbagai lomba yang telah dimulai Jumat (14/10) sampai (28/10). acara hari ini juga dimeriahkan dengan Market Day yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar berjualan. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *