Rabu , 18 Juli 2018
Home / Berita Pendidikan / Madrasah DIY Siap Gelar UNBK Mandiri

Madrasah DIY Siap Gelar UNBK Mandiri

Edupost.id – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DIY, Nadhif menjelaskan, sebagian besar Madrasah Aliyah (MA) di DIY sudah memiliki fasilitas komputer yang cukup untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mandiri pada tahun 2018.

Dikatakannya, fasilitas komputer di madrasah pada awal 2018 mengalami peningkatan dibandingkan 2017 karena adanya pengadaan di akhir tahun. Terbukti, dari 58 MA baik negeri maupun swasta di DIY, hanya ada dua MA yang belum dapat melaksanakan UNBK secara mandiri sehingga harus bergabung di madrasah atau sekolah lain.

Sementara, untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), ada 97 madrasah dai total 104 madrasah yang siap menggelar UNBK. Sisanya merupakan MTs yang baru berdiri dan belum akan meluluskan siswa di 2018.

Menurutnya, dari 104 MTs tersebut sekitar 80% telah mandiri dalam melaksanakan UNBK, sisanya ada 15% atau sekitar 15 MTs yang belum mandiri sehingga harus bergabung di sekolah atau madrasah lainnya.

“Madrasah yang belum mandiri rata-rata berstatus swasta relatif baru berdiri dan tercatat akan meluluskan siswa pertama kalinya di 2018. Sehingga keterbatasan fasilitas. Kami mendorong agar di 2018 ini madrasah tersebut dapat melakukan pengadaan,” tegasnya.

Kepala Dinas Penfidikan Poemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Baskara Aji menyatakan siap bekerjasama dengan Kanwil Kemenag DIY dalam pelaksanaan UNBK. Seluruh madrasah yang belum siap menggelar UNBK mandiri dapat menumpang UNBK pada sekolah terdekat. (Andi)

Check Also

Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan

UAD Jadi PTS Terbaik 2018 Versi SINTA

Edupost.id – Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Kasiyarno mengatakan, kampusnya telah menjadi Perguruan Tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=