Rabu , 20 September 2017
Home / Berita Pendidikan / Madrasah Tidak Kalah Produktif dengan Sekolah Umum
Siswa Madrasah
Ilustrasi. Siswa Madrasah

Madrasah Tidak Kalah Produktif dengan Sekolah Umum

Edupost.id – Penasehat Darma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama, Trisna Willy Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, saat ini madrasah memang tidak kalah berkualitas dibandingkan sekolah umum. Hal ini dikatakan Trisna usai membuka secara resmi acara Madrasah Ekspo di Multy Purpose Building UIN Sunan Kalijaga, (8/8).

Madrasah Ekspo merupakan rangkaian acara Aksioma dan KSM 2017 yang digelar oleh Kementerian Agama. Setiap provinsi berupaya menampilkan karya dan prestasi siswa madrasah di wilayah masing – masing.

Usai melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Madrasah Ekspo 2017, Trisna berkeliling mengunjungi setiap stand ekspo. Tidak jarang, istri Menag Lukman Hakim Saifuddin ini mengungkapkan kekagumannya terhadap karya siswa madrasah di Indonesia.

“Tadi saya sudah keliling ke (stand) 34 provinsi ternyata tidak hanya karya siswa madrasah tentang makanan, tapi juga ada penelitian yang menurut saya membanggakan sekali. Saya rasa ini membuktikan bahwa madrasah tidak kalah hebat dari sekolah umum, bahkan mungkin ada yang lebih hebat dari sekolah umum,” ujar Trisna.

Beberapa karya siswa madrasah yang menarik perhatian Trisna di antaranya roket, alat pemindai SIM, alat penangkap hama wereng, beragam produk makanan khas, dan kosmetik dari bahan alami. Yang menarik, kosmetik karya siswa Kalimantan Tengah ini telah berhasil menyabet medali perunggu dalam kompetisi di Thailand

Trisna juga mengingatkan, agar karya – karya yang sudah tercipta segera didaftarkan hak patennya agar memiliki perlindungan hukum tentang hak cipta. Karena menurutnya, karya – karya siswa madrasah juga harus diapresiasi dan dilindungi.

Meski demikian, Trisna mengingatkan kepada siswa dan guru madrasah agar tidak cepat puas dalam berkarya. Madrasah harus terus melakukan inovasi menuju arah kemajuan.

“Pesan saya saya, kita jangan cepat puas setelah memiliki karya, tingkatkan terus,” ujarnya. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *