Kamis , 21 Juni 2018
Home / Berita Pendidikan / Mahasiswa Harus Jadi Bagian dari Revolusi Industri 4,0
Rektor-WNA-Diragukan-Kemampuannya-Pimpin-PTN
Ilustarsi: mahasiswa (Foto: towsonelc)

Mahasiswa Harus Jadi Bagian dari Revolusi Industri 4,0

Edupost.id – Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyebut, para mahasiswa harus menjadi bagian dari revolusi industri 4,0 yang sudah mulai terjadi. Revolusi industri yang dimaksud adalah pola perubahan industri menuju sistem digital.

Hal itu dikatakan Pratikno di hadapan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) saat acara kick off Creative Hub UGM Selasa (20/2) sore di Digilib Cafe Fisipol UGM. Menurutnya, revolusi industri keempat dengan perkembangan era digital berdampak menghilangkan peran manusia dalam industri.

Mantan rektor UGM ini menyebut, revolusi industri 4,0 dapat menghilangkan 300 juta perkerjaan. Bahkan, di Indonesia diperkirakan ada 12,5 persen dari semua pekerjaan yang ada saat ini yang hilang dan diambil oleh tenaga mesin.

“Walaupun mengurangi pekerjaan namun ada penciptaan pekerjaan baru dari perkembangan industri lifestyle yang makin berkembang,” lanjutnya.

Intermediary bisnis, kata Pratikno, makin berguguran dengan munculnya model digital yang menawarkan jasa pengantaran. Kemunculan bisnis digital ini menggeser model bisnis konvensional.

“Di era revolusi industri 4,0 ada perusahaan ritel yang tak punya stok barang, ” ujarnya.

Perusahaan big data seperti facebook, kata Pratikno, menjadi media sosial besar di dunia tanpa pernah membuat konten, Alibaba menjadi ritel paling terbesar di dunia dengan tidak punya stok barang dan gudang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=