Rabu , 26 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Mahasiswa Minta Persyarat Jadi Guru PNS Dibenahi
Sejumlah mahasiswa mengusulkan syarat pengangakatkan PNS bagi guru honorer diperbaiki. ilustrasi : lst

Mahasiswa Minta Persyarat Jadi Guru PNS Dibenahi

Edupost.ID, Depok – Syarat pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS) bagi guru honorer masih dinilai sulit. Sejumlah mahasiswa mengusulkan syarat tersebut dibenahi agar para guru honorer juga bisa mendapatkan keadilan.

“Tenaga pengajar juga punya hak untuk mendapatkan apresiasi dari negara. Mungkin pemerintah perlu buat sistem pengangkatannya, kalau sudah ada ya semoga saran saya ini lebih baik,” ujar anggota BEM UI, Muhammad El Luthfie Arief kepada Edupost.ID.

Luthfie mengungkapkan, ada dua poin yang diusulkan. Pertama, penentuan batas minimal jam kerja. Jika guru honorer telah mengajar selama sekian jam, maka mereka dapat diangkat sebagai PNS. Hal tersebut sangat memfasilitasi mereka yang sudah lama menjadi guru honorer.

“Jadi sistemnya semacam SKS dan secara gak langsung, guru yang diangkat jadi guru tetap adalah guru yang berpengalaman. Semua dilihat dari lamanya mengajar dan mengabdi untuk negara,” tambahnya.

Selanjutnya, ia menuturkan poin kedua yaitu terkait indeks prestasi. “Ya ini semacam raport untuk naik kelas, jadi seorang guru honorer bisa diangkat jadi guru tetap kalo berprestasi. Ngukurnya bisa dari absensi, hasil monev, dan tes evaluasi secara berkala, semacam ujian untuk siswa,” jelasnya.  (Nisa)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *