Rabu , 18 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Malang Jadi Lokasi LKS SMK Tingkat Nasional XXIV
siswa-smk-informatika
Ilustrasi. Siswa SMK Informatika (foto: blog)

Malang Jadi Lokasi LKS SMK Tingkat Nasional XXIV

Edupost.id, Malang – Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Nasional XXIV digelar di Kota Malang, Jawa Timur mulai 23-28 Mei 2016. Di ajang ini, siswa SMK dapat menunjukkan dan mengukur capaian kompetensi yang mereka miliki sesuai standar kompetensi lulusan SMK. Mereka dapat mempromosikan kemampuannya kepada dunia usaha dan industri serta pemangku kepentingan lainnya.

Mengusung tema “Pengembangan Kompetensi Siswa beserta Ekosistem SMK dalam Pembentukan Akhlak, Sikap dan Karakter”, LKS-SMK tahun ini memiliki berbagai tujuan. Seperti mempromosikan pengembangan kualitas dan meningkatkan citra SMK. Kemudian siswa SMK juga dapat terpacu untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajarannya sesuai kebutuhan dunia kerja. Serta meningkatkan hubungan antara lembaga SMK dengan dunia usaha atau industri dan asosiasi profesi.

Sebanyak 1.030 siswa ikut berpartisipasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Bidang yang dilombakan berjumlah 54 yang terbagi atas enam kelompok, yaitu teknologi, bisnis dan pariwisata, pertanian, kriya, seni, serta eksibisi. Sedangkan, dewan juri berasal dari para akademisi, praktisi, maupun profesional yang memiliki integritas dan berdedikasi di bidangnya.

Terkait metode penilaian, lomba ini menggunakan acuan pada kriteria penilaian LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2016 dan kriteria penilaian World Skills Competition (WSC).

Pelaksanaan LKS SMK 2016 terpusat di Universitas Negeri Malang (UNM). Namun, ada empat bidang lomba yang diadakan di tempat terpisah. Keempat bidang tersebut yaitu Hotel Accomodation di Hotel Atria kota Malang, Pastry cook di SMKN 3 Kota Malang, printing di SMKN 4 kota Malang, serta caring di Rumah Sosial Cacat Netra. (Kemdikbud/Nisa)

Check Also

pelajar sma

LKS SMK di DIY digelar di Beberapa Tempat Berbeda

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini kembali menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *