Minggu , 22 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Masa PLS, Ratusan Siswa diajak Kunjungi Museum
museum-benteng-vredenburg
Museum Benteng Vredenburg

Masa PLS, Ratusan Siswa diajak Kunjungi Museum

Edupost.id, Yogyakarta – Mengisi agenda Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), sejumlah sekolah di Yogyakarta dan sekitarnya mengajak siswa barunya untuk mengunjungi museum. Ini dimaksudkan agar siswa lebih mengenal museum di Yogyakarta. Selain itu, siswa juga diharapkan akan memperoleh pengetahuan sejarah, budaya, dan berbagai hal terkait museum yang dikunjungi.

Salah satu museum yang ramai dikunjungi adalah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Di sini, siswa akan mendapat pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia.

Novi Rindiarti, salah satu guru pendamping dari SMP Sultan Agung Sayegan, Sleman menuturkan, sebagai bagian dari agenda Pengnalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru, pihaknya mengajak siswa mengunjungi museum yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Kunjungan pertama adalah di Museum Benteng Vredeburg.

“Kami ingin mengenalkan anak dengan sejarah bangsanya dengan mengunjungi museum Benteng Vredeburg. Selain itu juga untuk memberikan pengetahuan tentang museum,” ujar Novi ketika ditemui di Benteng Vredeburg, Rabu (20/7).

Di museum ini, setiap kelompok siswa didampingi oleh satu petugas museum. Mereka mendapat penjelasan terkait informasi sejarah yang tersimpan dalam museum ini.
Para siswa tampak antusias mendengarkan penjelasan sambil melihat langsung seluruh koleksi museum yang tersimpan dalam ruang Diorama 1 hingga Diorama 4. Tidak hanya itu, mereka juga harus membuat laporan tertulis tentang kunjungan ini.

Selain Benteng Vredebur, Novi juga akan mengajak 133 siswanya mengunjungi dua museum lain. “Kami juga akan mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Museum Gunung Merapi di Sleman,” imbuhnya.

Di Keraton Yogyakarta, siswa akan diajak untuk mengenal sejarah Keraton Yogyakarta sebagai bagian dari sejarah Indonesia. Mereka akan dapat melihat langsung koleksi keraton yang dipamerkan.

Di Museum Gunung Merapi, siswa akan diajak untuk memahami tentang gunung merapi. Tentunya mereka akan diajak untuk belajar tentang gunung api dengan cara yang menyenangkan. (Andi)

Check Also

SD-Balerante-Tutup-PLS-dengan-Kirab

SD Balerante Tutup PLS dengan Kirab

Edupost.ID – SD Muhammadiyah Balerante menutup pengenalan lingkungan sekolah dengan acara unik, yakni gendong-gendongan. Kakak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *