Jumat , 20 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Mendikbud Imbau Orang Tua Aktif Daftarkan ABK ke Sekolah
Mendikbud Imbau Orang Tua Aktif Daftarkan ABK ke Sekolah
Mendikbud Imbau Orang Tua Aktif Daftarkan ABK ke Sekolah (foto: blogspot)

Mendikbud Imbau Orang Tua Aktif Daftarkan ABK ke Sekolah

Edupost.id- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK), untuk proaktif mendaftarkan anaknya ke sekolah melalui Sekolah Luar Biasa (SLB) atau sekolah reguler pelaksana Sekolah Inklusi.

Saat ini sekitar 115 ribu anak berkerbutuhan khusus (ABK) bersekolah di SLB, sedangkan 299 ribu anak bersekolah reguler Sekolah inklusif. Mendikbud mengatakan, ada banyak faktor yang menyebabkan angka partisipasi sekolah anak berkebutuhan khusus sangat rendah.

“Faktor angka partisipasi itu rendah, bisa karena kurangnya sarana prasarana, maupun karena keengganan keluarga menyekolahkan anaknya yang ABK”, ujar Mendikbud pada para wartawan saat usai menghadiri peluncuran program kemitraan, Rabu (1/2).

Muhadjir juga turut mengimbau sekolah untuk mendata dan mengajak anak berkebutuhan khusus di sekitar wilayah, agar mau menjadi peserta didik. “Paradigmanya, pendidikan untuk semua, education for all, dan nondiskriminasi. Negara harus memberikan akses yang sama kepada semua warga negera,” ungkap Muhadjir.

Penanganan anak berkebutuhan khusus tidak hanya dilakukan sendiri oleh Kemendikbud, namun perlu adanya koordinasi dengan Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan  untuk memberikan layanan kepada anak berkebutuhan khusus.

“Yang harus diutamakan adalah memperluas akses, memperbanyak anak berkebutuhan khusus supaya semakin terakomodasi, tertampung, dan tertangani dengan baik,” tutur Mendikbud. (Inan)

Check Also

Program Pendidikan Karakter Tingkatkan Peran Kepala Sekolah

Program Pendidikan Karakter Tingkatkan Peran Kepala Sekolah

Edupost.id- Menteri pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy telah menguji coba program Penguatan Pendidikan Karakter …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *