Rabu , 24 Mei 2017
Home / Berita Pendidikan / Mendikbud : Saya Akan Kembalikan Kedaulatan Guru
guru
Ilustrasi. Guru

Mendikbud : Saya Akan Kembalikan Kedaulatan Guru

Edupost.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya tengah bertekad akan mengembalikan kedaulatan guru di dalam pendidikan Indonesia. Hal itu ditegaskan mendikbud ketika menyampaikan sambutan acara Seminar Nasional Peran Guru TIK dan KKPI dalam kurikulum 2013 dan USBN di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Saya bertekad mengembalikan kedaulatan guru di dalam pendidikan kita. Guru dalam arti yang menjalankan profesinya dengan sungguh – sungguh dengan komitmen yang kuat dan memiliki rasa keterpanggilan yang kuat untuk membawa siswa – siswa ke jalan yang benar,” ujarnya.

Muhadjir menambahkan, salah satu yang dilakukan adalah memberikan posisi yang layak kepada guru untuk menjalankan tugasnya. Misalnya, menurut Mendikbud, guru diberikan kewenangan untuk membuat evaluasi pembelajaran siswa. Tak hanya membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, guru juga sudah saatnya diberi kesempatan melakukan evaluasi pembelajaran. Bentuknya, guru mendapat tanggung jawab membuat soal ujian nasional.

“Kalau misalnya guru yang merencanakan proses belajar dan mengajar dan yang melaksanakan proses belajar mengajar, maka guru juga yang mengevaluasi pembelajaran itu. Jangan sampai guru dipercaya mempersiapkan dan melaksanakan tapi evaluasinya dilakukan oleh pihak lain yang bukan guru,” terang mantan rektor UM Malang ini.

Muhadjir mengakui, selama ini masih ada pihak yang belum memberikan kepercayaan kepada guru, khususnya terkait kebijakan guru yang dipercaya membuat soal UN. Memberikan kepercayaan ini kepada guru masih diragukan karena dikhawatirkan guru membocorkan soal ke siswanya.

Selain itu, dikhawatirkan pula guru hanya membuat soal hanya sesuai dengan materi yang diajarkan kepada siswanya. Guru tidak membuat soal yang belum diajarkan, hal ini akan membuat standar soal menjadi tidak jelas.

Untuk itu, mendikbud juga memberikan standar nasional penyusunan soal sehingga kualitas soal yang dibuat guru sudah memiliki standar yang jelas.

“Kalau guru tidak dipercaya, lalu siapa yang harus dipercaya dalam pendidikan kita?” kata Muhadjir. (Andi)

Check Also

Program Pendidikan Karakter Tingkatkan Peran Kepala Sekolah

Program Pendidikan Karakter Tingkatkan Peran Kepala Sekolah

Edupost.id- Menteri pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy telah menguji coba program Penguatan Pendidikan Karakter …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *