Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Mendikbud Tegaskan akan Tingkatkan Mutu UN 2017
Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali
Pelaksanaan ujian nasional. ilustrasi (foto: blogspot)

Mendikbud Tegaskan akan Tingkatkan Mutu UN 2017

Edupost.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan, Ujian Nasional (UN) tetap akan dilaksanakan pada tahun 2017. Selain itu, Muhadjir juga menegaskan akan meningkatkan mutu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Hal itu disampaikan Mendikbud dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) UN dan USBN tahun 2017 yang di gedung Kemdikbud Jakarta.

“Ujian Nasional tetap dilaksanakan di tahun 2017. Kita juga tingkatkan mutu ujian sekolah dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk beberapa mata pelajaran. Kemendikbud juga akan memperluas pelaksanaan ujian berbasis komputer,” ujar Mendikbud dilansir dari laman resmi Kemdikbud Kamis (22/12).

Mendikbud menambahkan, nantinya soal – soal USBN akan dibuat oleh Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Kelompok Kerja Guru ( KKG) sebagai organisasi profesi. Soal tersebut akan dipadukan dengan soal dari pusat sebesar 20 sampai dengan 25 persen.

Mata pelajaran yang akan diujikan pada UN tahun 2017 untuk jenjang SMP / MTs di antaranya Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk SMA /MA ditambahkan satu mata pelajaran sesuai dengan jurusan siswa, sedangkan untuk SMK ditambahkan uji teori kejuruan sesuai dengan bidangnya.

Sementara untuk USBN, mata pelajaran yang diujikan adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan IPS untuk SMP/ MTs. Jenjang SMA/MA mengujikan Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah dan tiga mapel sesuai program studi siswa. Untuk jurusan IPA ditambah Fisika, Kimia, Biologi, sedangkan jurusan IPS ditambah Ekonomi, Geografi, serta Sosiologi. Sementara, untuk jurusan Bahasa juga akan diujikan mapel Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing. Khusus untuk siswa SMK, terdapat uji keterampilan komputer.

UN SMK akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 6 April 2017, SMA / MA pada tanggal 10 – 13 April. UN untuk SMP /MTs dirancang dalam dua gelombang, yang pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei.

“Penyebab utama usulan moratorium UN itu adalah dampak negatif dari UN yang mereduksi hakikat pendidikan dan menyebabkan banyak pelaku pendidikan tergoda berbuat tidak jujur. Pekerjaan kita sekarang ini adalah bagaimana mengurangi dampak negatif dalam pelaksanaan UN. Kita harus menyelenggarakan UN dengan jujur dan berintegritas, ” ungkap Muhadjir. (Andi)

Check Also

ujian nasional

Posko UN Kemendikbud Terima 17 Pengaduan

Edupost.id – Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *