Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Menpora Imam Nahrowi Kutip Kalimat Bung Karno
sumpah-pemuda
sumpah-pemuda (foto: blogspot)

Menpora Imam Nahrowi Kutip Kalimat Bung Karno

Edupost.ID – Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab pagi ini Jumat (28/10) menjadi pembina upacara Peringatan Sumpah Pemuda di halaman rektorat kampus setempat. Dalam amanatnya, rektor membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi. Dalam sambutannya, Menpora mengutip pidato Bung Karno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Penggalan kalimat Bung Karno itu menurut Menpora akan segera terbukti. Data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (BPS, 2014). Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati Bonus Demografi, geneasi produktif Indonesia mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

Menpora juga menyebut, akhir – akhir ini sudah banyak fakta kehebatan pemuda Indonesia di berbagai bidang. Di bidang olah raga ada Rio Haryanto yang melaju ke level tertinggi balap mobil internasional F.1. ada pula pasangan peulu tangkis Owi-Butet yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil.

Di dunia hiburan kita memiliki aktor muda Joe Taslim dan sutradara muda Livi Zheng yang berhasil mengguncang panggung Hollywood. Selain itu, musisi muda Sandhy Sundoro berhasil menyabet penghargaan Internasional Contest of Young Pop Singer di Latvia pada 2009.

Tokoh – tokoh pemuda yang disebutkan tadi, menurut Menpora hanyalah contoh untuk mengingat kembali pesan Bung Karno bahwa pemuda yang hebat bisa menaklukkan dunia. Jumlah yang besar saja tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik. Tugas kita semua untuk menjadikan Bonus Demografi ini memiliki makna bagi percepatan pembangunan di Indonesia.

“Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Bonus demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan Negara – negara besar lainnya. Di depan mata kita ada MEA dan Perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia,” ujar Menpora mengakhiri sambutannya. (Andi)

Check Also

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar Jogja Deklarasi Lawan Narkoba

Peringati Sumpah Pemuda, Pelajar Jogja Deklarasi Lawan Narkoba

Edupost.ID – Pelajar dari beberapa wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta memperingati Sumpah Pemuda dengan membuat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *