Sabtu , 25 November 2017
Home / Berita Pendidikan / Menristekdikti Apresiasi Gesits Karya Mahasiswa ITS
Menristekdikti-Apresiasi-Gesits-Karya-Mahasiswa-ITS
Menristekdikti apresiasi Gesits karya mahasiswa ITS. (Foto: Ristekdikti)

Menristekdikti Apresiasi Gesits Karya Mahasiswa ITS

Edupost.id, Surabaya – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengapresiasi peluncuran prototipe sepeda motor listrik karya Mahasiswa ITS di Gedung Riset Mobil Listrik ITS beberapa waktu lalu. Kendaraan tersebut diberinama Gesits (Garansindo Electric Scooter ITS). Hasil karya ini akan menjadi teknologi transportasi masa depan. Sebuah kendaraan karya anak bangsa yang berbentuk alat transportasi roda dua masa depan berteknologi canggih yaitu skuter otomatis listrik.

Berdasarkan informasi yang Edupost.id dapat dari siaran pers, Gesits merupakan hasil pengembangan dan riset dilakukan bersama antara ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) dan Garansindo dengan segala penyempurnaan akhirnya pada hari ini telah dapat diwujudkan dalam bentuk prototipe yang sudah mencapai tahap hampir sempurna.

“Sungguh luar biasa, Selamat pada tim Gesits mudah-mudahan sukses ditahun ini untuk meniti kedepan menghasilkan inovasi baru pada motor-motor listrik di Indonesia,” ucap Nasir

Sesuai dengan namanya, Gesits diyakini bakal menjadi motor skuter yang lincah dan dapat diminati masyarakat. Selain pasti lebih irit, tenaga listrik adalah energi yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi. “Dari sisi nama juga artinya lincah,” tambahnya.

Menteri Nasir berharap mampu melihat peluang pasar motor dengan jenis, ukuran yang sama, untuk menjadi kompetitor industri motor di Indonesia dan juga jadi pilihan masyarakat untuk memakai bahan bakar elektrik yang memiliki emisi gas buang nol sehingga ramah lingkungan.

Rektor ITS, Joni Hermana juga menjelaskan bahwa hasil riset yang sudah lama dikembangkan Mahasiswa ITS khususnya jurusan mesin ini menghasilkan suatu hal yang pada akhirnya berujung hilirisasi. Penelitian yang dilakukan di Perguruan Tinggi juga berujung kepada pemanfaatan yang salah satunya Motor Listrik Gesits ini. Rencananya Gesits ini dapat segera diproduksi secara massal pada tahun 2017 dan dapat segera siap dijual ke konsumen pada tahun 2018.

Pendapat lainnya juga disampaikan CEO Garansindo M. Al Abdullah. “Teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi yang relatif baru dan sedang dikembangkan di beberapa Negara sehingga kesempatan Gesits untuk masuk dalam persaingan global cukup besar,” ujarnya. (Ristekdikti/Nisa)

Check Also

Olimpiade Fisika Nasional SMA Berhadiah Rp 17,5 Juta

Edupost.id – Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya akan menggelar Engineering …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *