Selasa , 24 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Menteri Nasir: Jumlah Peneliti Berkorelasi dengan Kesejahteraan Bangsa
menristekdikti-Muhammad-Nasir
Menristekdikti Muh. Nasir

Menteri Nasir: Jumlah Peneliti Berkorelasi dengan Kesejahteraan Bangsa

Edupost.id, Jakarta – Menristekdikti Muhammad Nasir menyebutkan bahwa jumlah peneliti berkorelasi positif dengan kesejahteraan suatu bangsa. Karena itu, ia berharap, para civitas akademika dan lulusan dari perguruan tinggi di Indonesia mampu berkontribusi besar menghasilkan inovasi-inovasi baru di berbagai disiplin ilmu.

“Hal ini antara lain akan tercermin dari lulusan-lulusannya yang tidak saja dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tingkat pendidikannya, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja dan berinovasi di tingkat global melalui karya-karyanya,” ujarnya dalam siaran pers.

Nasir menjelaskan, pendidikan di perguruan tinggi menjadi semakin penting karena menjadi kunci bagi pertumbuhan ekonomi, tempat menggali ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kemanusian yang berperan penting bagi kemajuan suatu bangsa, termasuk secara inheren berkontribusi kepada berkembangnya masyarakat madani.

Dalam mencapai daya saing bangsa, lanjutnya, dua unsur utama yang perlu dipegang adalah tenaga kerja yang terampil dan inovasi.

Ia mengakui, saat ini kualitas dan produktivitas penelitian di Indonesia masih lemah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. “Tidak ada inovasi yang dihasilkan tanpa suatu proses penelitian, karena itu kita perlu memberi perhatian lebih pada pendidikan yang berbasis riset,” terangnya.

Karena menurutnya, proses pendidikan harus diikuti dengan proses invensi, sebuah proses pembelajaran yang produktif, berorientasi pada knowledge creation, dan inovatif.

Nasir menambahkan, jika kita memiliki tenaga kerja terampil yang memiliki kualifikasi baik, maka mereka akan mampu membawa kita bersaing di kelas dunia. Di era kompetisi ini kita harus terus melakukan improvement. (Dikti/ IK-SS)

Check Also

menristekdikti-Muhammad-Nasir

Menristekdikti Janji Permudah Akses Dana Penelitian

Edupost.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) saat ini tengah menyusun Peraturan Menteri …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *