Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Menteri Nasir Minta Politeknik Negeri Ambon Tingkatkan SDM
menristekdikti-Muhammad-Nasir
Menristekdikti Muh. Nasir

Menteri Nasir Minta Politeknik Negeri Ambon Tingkatkan SDM

Edupost.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir meminta Politeknik Negeri Ambon untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) supaya lebih berkualitas.

“Mengelola politeknik ke depan tidak cukup mengelola dengan begitu saja, tapi ke depan harus dirancang strategi dan inovasi untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas”, ungkap Menteri Nasir melantik Direktur Politeknik Negeri Ambon, Djon Kafiane Elwarin, dikutip dari siaran pers Kemenristek Dikti.

Menteri Nasir juga mengungkapkan pentingnya peningkatan kualitas SDM saat ini dalam jumlah besar, karena di lokasi tersebut, rencananya akan dibangun industri petrokimia untuk pengelolaan gas alam di Blok Masela.

“Harapan saya adalah Politeknik Negeri Ambon mampu memenuhi kebutuhan SDM Blok Masela, karena kegiatan eksplorasi akan dilakukan tidak begitu lama lagi,” ucapnya.

Nilai investasi industri petrokimia berbasis gas tersebut mencapai USD3,9 miliar, termasuk juga rencana berdirinya pabrik metanol dan turunannya. Proyek ini diharapkan mampu menyerap sekitar 39 ribu tenaga kerja langsung, dan sebanyak 370 ribu tenaga kerja tidak langsung.

Menteri Nasir mengatakan, agar kualitas SDM meningkat, salah satu upaya yang harus dilakukan Politeknik dilakukan adalah melaksanakan kombinasi program studi 30% akademik dan 70% kuliah praktik, agar setelah lulus, SDM Indonesia dapat langsung bekerja.

Selain itu, Menteri Nasir juga menugaskan Politeknik Negeri Ambon untuk memberikan pendidikan ke pulau-pulau di sekitar wilayah tersebut, guna mencerdaskan anak bangsa. (Andi)

Check Also

dosen mengajar

Kalangan Profesional Kini Bisa Jadi Guru Besar

Edupost.id – Untuk memenuhi kebutuhan dosen yang masih terbatas, Kemenristekdikti telah memberikan kesempatan kalangan profesional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *