Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Menteri Nasir Minta PTS Tingkatkan Akreditasi
menristekdikti-Muhammad-Nasir
Menristekdikti Muh. Nasir

Menteri Nasir Minta PTS Tingkatkan Akreditasi

Edupost.id – Menristekdikti Mohamad Nasir meminta perguruan tinggi swasta (PTS) dapat segera meningkatkan akreditasinya. Pada tahun ini ada sembilan PTS yang masuk ke akreditasi A, Nasir berharap jumlahnya dapat terus bertambah.

“Untuk itu, ini harus didampingi. Saya tidak ingin dampingi BAN-PTnya, tapi saya dampingi Perguruan Tingginya,” ujarnya.

Menurutnya, Kopertis ikut bertanggung jawab agar PTS beranjak akreditasinya dari akreditasi C ke akreditasi A. “Dampingi Perguruan Tingginya, jadi BAN-PT pun akan berikan akreditasi yang bagus. Untuk perubahan Kopertis ke LLPT di tahun 2017 ini harus terealisasi, karena sudah dikoordinasikan dengan MenPAN dan RB,” tambah Nasir.

Sementara itu, mengenai peningkatan publikasi untuk tingkat Lektor Kepala, Kementerian menjanjikan pemberian insentif apabila berhasil melakukan publikasi internasional. “Tapi ini masih didiskusikan dahulu lho ya, supaya jelas nanti bentuknya seperti apa, jumlahnya berapa, kan kalau Guru Besar sudah jelas seperti apa, ini untuk Lektor Kepala agar lebih jelas dan semangat,” tutur Nasir.

Nasir berharap, peran ABP-PTSI dapat lebih ditingkatkan lagi. Menurutnya, bila ada PTS yang berkonflik, ABP-PTSI diharapkan menjadi mediator. Nasir juga meminta apabila ada PTS yang jual beli ijazah langsung ditindaklanjuti juga oleh ABP-PTSI.

“Kami tidak apriori dari masukan yang baik mengenai pengembangan Pendidikan Tinggi. Selama ini kerja sama dengan ABP-PTSI sudah bagus. Mudah-mudahan kedepan kita lebih baik, mari kita bersama-sama tingkatkan kualitas Perguruan Tinggi,” jelasnya. (Dikti/IK-SS)

Check Also

dosen mengajar

Kalangan Profesional Kini Bisa Jadi Guru Besar

Edupost.id – Untuk memenuhi kebutuhan dosen yang masih terbatas, Kemenristekdikti telah memberikan kesempatan kalangan profesional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *