Jumat , 19 Oktober 2018
Home / Berita Pendidikan / Nilai UN Tahun Ini Turun, Apakah HOTS Penyebabnya?
Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali
ilustrasi. Pelaksanaan ujian nasional.

Nilai UN Tahun Ini Turun, Apakah HOTS Penyebabnya?

Edupost.id – Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menyampaikan, nilai UN tahun ini mengalami penurunan di beberapa mata pelajaran. Namun ia mengaku, penurunan hasil tersebut dimungkinkan karena adanya soal yang bernalar tinggi atau High Order Thinking Skill (HOTS).

“Penyebabnya bisa terjadi karena kualitas soal yang dinaikkan, atau dengan adanya soal isian singkat pada mapel Matematika SMA sederajat,” ujar Bambang dalam siaran pers.

Bambang juga menyebutkan, ada beberapa faktor lainnya penyebab turunnya nilai hasil UN. Pertama, karena model pelaksanaan ujian dengan UNBK, sehingga sulit untuk dilakukan kecurangan.

Penurunan nilai juga bisa terjadi karena menurunnya keseriusan dan motivasi belajar siswa karena UN tidak menentukan kelulusan. Karena itu, ke depan, dia menegaskan, perlu perbaikan proses pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kompetensi lulusan.

“Ini menjadi tantangan kita bersama untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (28/4), Mendikbud Muhajdir Effendy menyampaikan, hasil UN siswa SMA/SMK sudah lumayan. Namun, dia mengakui ada nilai beberapa mata pelajaran yang sedikit menurun.

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

UN Jadi Syarat Lulus, Forum Rektor : Itu Bukan Solusi !

Edupost.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajdir Effendy menyampaikan, pemerintah akan mempertimbangkan Ujian Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=