Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Berita Pendidikan / Ombudsman DIY Terima Aduan Pungutan Liar di Sekolah
siswa-SMA
Ilustrasi. Siswa SMA

Ombudsman DIY Terima Aduan Pungutan Liar di Sekolah

Edupost.id – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan DIY-Jateng kembali menerima aduan masyarakat mengenai pelayanan pendidikan. Kali ini, sebuah SMP Negeri dan MTs Negeri di Kabupaten Sleman diadukan karena melakukan pungutan kepada siswa. Demikian dikatakan Kepala ORI DIY – Jateng, Budhi Masturi hari ini, (1/9).

“SMP Negeri dan MTs Negeri di Sleman ini meminta pungutan di atas Rp 1 juta,” ujar Budhi kepada Edupost.id.

Dikatakan Budhi, aduan pelayanan pendidikan di DIY selalu muncul setiap tahun menjelang momentum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) khususnya berkaitan dengan kasus pungutan sekolah dan penahanan ijazah. Meski dilakukan penindakan, menurut Budhi, kasus pungutan dan penahanan ijazah ini selalu terulang setiap tahun.

Kebanyakan sekolah, menurut Budhi selalu beralasan bahwa pungutan yang dibebankan kepada siswa berdasarkan hasil rapat komite sekolah dan orang tua siswa. Padahal segala bentuk pungutan harus berdasarkan legalitas atau dasar hukum yang jelas. “Banyak sekolah yang belum bisa membedakan mana pungutan dan mana sumbangan. Dikatakan sumbangan tapi nyatanya besaran dan waktunya ditentukan,” kata dia.

Kasus pungutan di Sleman ini menambah panjang daftar aduan terkait pelayanan pendidikan di DIY. Berdasarkan data ORI DIY, kasus pelayanan pendidikan mendominasi aduan masyarakat DIY sejak Januari hingga Agustus 2016. Dari 193 aduan sejak Januari hingga Agustus 2016 sebanyak 30 aduan adalah merngenai pelayanan pendidikan. Selanjutnya 29 aduan terkait pelayanan kepolisian, 17 kepegawaian, 18 pertanahan, dan 20 terkait infrastruktur jalan dan jembatan.

Agar kasus serupa tidak terus berulang, Budhi meminta Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY untuk membuat petunjuk teknis mengenai batasan pungutan. Meskipun DIY telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Pendanaan Pendidikan yang mengatur soal pungutan, ternyata pihak sekolah masih belum dapat memahami aturan pungutan dengan jelas. (Andi)

Check Also

siswa SD

Sleman Berkomitmen Tekan Pungli di Sekolah

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman akan bertindak tegas mengatasi persoalan pungutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *