Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Ombudsman : Komite Sekolah Tak Boleh Lakukan Pungutan
guru-mengajar
Guru mengajar (foto: SMAN 2 Purworejo)

Ombudsman : Komite Sekolah Tak Boleh Lakukan Pungutan

Edupost.ID – Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Budh Masturi mengatakan, berdasarkan peraturan yang ada, Komite Sekolah tidak diperbolehkan melakukan pungutan kepada orang tua siswa. Pernyataan Budhi ini terkait dengan kasus pungutan di SD N Model Sleman, DI.Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

“Pengumpulan dana yang dilakukan oleh Komite Sekolah berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 44 Tahun 2012 termasuk kategori pungutan, dan Komite Sekolah tidak berwenang melakukannya,” tegas Budhi.

Menurut Budhi, pihaknya telah melakukan telaah terhadap dokumen, keterangan dan penjelasan yang berhasil dikumpulkan. Kesimpulan dan saran itu oleh ORI DIY telah disampaikan kepada Kepala SD N Model Sleman melalui surat resmi bernomor 0344/SRT/0197.2016/yg-02/X/2016, tanggal 19 Oktober 2016.

Kepala Sekolah, menurut Budhi harus mengambil langkah nyata untuk melakukan penghentian pungutan dimaksud, antara lain dengan menyatakan bahwa SK Komite Sekolah Nomor: 002/KS/07/2016 tidak berlaku. Selain itu, uang hasil pungutan dimaksud harus dikembalikan seluruhnya kepada orang tua/wali siswa.

Menanggapi surat dari ORI DIY, hari ini, Selasa (26/10) Kepala SD N Model telah menyampaikan laporan tindaklanjutnya kepada ORI DIY. Dalam surat itu kepala sekolah menegaskan bahwa pengumpulan dana oleh Komite Sekolah merupakan pungutan.

Oleh karenanya, pihak sekolah akan menghetikan pungutan itu, serta melarang Komite untuk tidak boleh lagi melakukan penagihan kepada orang tua/murid. Uang yang sudah terkumpul juga akan dikembalikan seluruhnya kepada orang tua/wali murid selambat-lambatnya 1 Nopember 2016.

“Ombudsman RI Perwakilan DI.Yogyakarta senantiasa melakukan monitoring atas tindaklanjut yang dilakukan Kepala SD N Model Sleman,” ujar Budhi. (Andi)

Check Also

siswa SD

Sleman Berkomitmen Tekan Pungli di Sekolah

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman akan bertindak tegas mengatasi persoalan pungutan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *