Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / OSN 2016 Diikuti 1.579 Siswa Terbaik se-Indonesia

OSN 2016 Diikuti 1.579 Siswa Terbaik se-Indonesia

Edupost.id – Ribuan siswa terbaik tahun ini kembali berlaga dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada 15-21 Mei 2016, di Palembang, Sumatera Selatan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam rilis resminya menyebutkan, sebanyak 1.579 siswa dari berbagai tingkat turut berlaga dalam ajang bergengsi ini.

Rinciannya, sebanyak 408 siswa Sekolah Dasar (SD), 396 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 775 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Para peserta telah melalui seleksi bertahap dari tingkat kabupaten /kota, provinsi, hingga nasional.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad menjelaskan, Olimpiade Sains diarahkan sebagai salah satu sarana yang bersifat implementatif dan efektif untuk membina dan membangun karakter siswa.

“Melalui kompetisi ini, para siswa akan diajak mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sistematis, inovatif, dan berlatih berkompetisi sehat,” tegasnya .

Di tingkat SD, bidang yang dilombakan meliputi Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan, untuk siswa SMP melombakan Matematika, IPA, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sementara, jenis lomba untuk siswa SMA meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer , Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Pelaksanaan OSN SMA 2016 berlangsung di sembilan titik lokasi yaitu, SMKN 2 Palembang untuk bidang Matematika, SMKN 2 Palembang, SMAN 1 Palembang. Kemudian, di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE MDP Palembang, SMAN 3 Palembang, SMA Xaverius 1 Palembang, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (UNSRI) Kampus Indralaya, SMAN 3 Palembang, dan SMAN 1 Palembang. (Andi)

Check Also

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman Jadi Pembicara di Forum WHO

Edupost.id – Seorang bocah perempuan bernama Monica beberapa hari ini mendadak viral di dunia maya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *