Senin , 23 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Panduan Lengkap PPDB Pemegang KMS Yogyakarta

Panduan Lengkap PPDB Pemegang KMS Yogyakarta

jadwal ppdb online pemegang kms

Edupost.id, Yogyakarta – Rangkaian proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Real Time Online (RTO) di Kota Yogyakarta diawali dengan PPDB pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan (Bangdik) Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta melalui Edy Wibowo menyatakan, proses PPDB KMS dimulai dengan pendataan yang  dijadwalkan pada 9-16 Juni di Kantor Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jadwal pendataan berdasarkan urutan kecamatan agar pelayanan bisa dilakukan lebih maksimal.

ppdb-pendataan-kms-jogja

Tahapan ini dilakukan untuk mendata jumlah siswa dari keluarga KMS yang akan mengikuti PPDB melalui jalur KMS.

Proses kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran di salah satu sekolah pilihan. “Khusus jalur KMS, yang akan masuk jenjang SMP dan SMA dapat memilih dua sekolah, sedangkan yang akan masuk SMK dapat memilih dua sekolah dengan empat jurusan,” ujar Edy.

Proses selanjutnya adalah pendaftaran ulang. Setelah diumumkan, siswa yang diterima wajib melakukan pendaftaran ulang. Jika tidak, maka ia akan dianggap gugur dan kuotanya diberikan untuk jalur reguler.

Edy juga mengatakan, Disdik Kota Yogyakarta sebelumnya sudah melakukan sosialisasi terkait PPDB jalur KMS. Sosialisasi dilakukan di 45 kelurahan dan mengundang orang tua yang akan mendaftarkan anaknya masuk SMP atau SMA/SMK. Ia menyebut, syarat wajib yang harus dibawa saat pendataan adalah fotokopi kartu ujian, KMS yang telah dilegalisasi di kelurahan, serta fotokopi kartu keluarga, surat pengantar dari RT, serta surat rekomendasi penambahan nilai prestasi bagi yang memiliki.

“Pada tahun ajaran 2016/2017, kuota KMS SMP adalah 25 persen dari daya tampung atau 865 siswa, SMA lima persen atau 136 siswa, dan SMK 25 persen atau 824 siswa,” katanya. (Andi)

Check Also

Indonesia Siap Gelar Olimpiade Sains Internasional di Bali

PPDB Online Sleman, Nilai UN Tertinggi 303,5

Edupost.id – Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kabupaten Sleman tahun 2017/2017 telah diumumkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *