Sabtu , 19 Agustus 2017
Home / Berita Pendidikan / Pelajar Indonesia Raih Emas dalam Kompetisi di Thailand
Pelajar Indonesia Raih Emas dalam Kompetisi di Thailand
Pelajar Indonesia Raih Emas dalam Kompetisi di Thailand

Pelajar Indonesia Raih Emas dalam Kompetisi di Thailand

Edupost.id – Indonesia berhasil menorehkan prestasi membanggakan di ajang Thailand International Matematics Competition (TIMC), 14 – 20 Agustus lalu. Di TIMC tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Indonesia total membawa 1 medali emas, 4 medali perak, dan 5 medali perunggu. Sedangkan di TIMC tingkat Sekolah Dasar (SD), Indonesia total meraih 4 medali perunggu.

TIMC untuk SMP diikuti oleh 296 peserta yang terdiri dari 74 tim. Siswa-siswi yang mengikuti kompetisi ini berasal dari 29 negara yaitu Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Cina, Cyprus, Filipina, Ghana, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Rumania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta, yaitu Individual Contest dan Team Contest. Pada Individual Test, peserta harus mengerjakan 12 soal isian singkat dan 3 soal uraian dalam waktu 120 menit. Sedangkan pada Team Contest, masing-masing tim yang terdiri dari empat siswa diminta mengerjakan 10 soal, di mana 8 soal pertama harus dikerjakan secara individu setelah tim merundingkan lebih dahulu soal mana yang harus dikerjakan selama 35 menit. Barulah dua soal terakhir dikerjakan bersama dalam waktu 25 menit.

Pada Team Contest, masing-masing tim dipertandingkan dalam enam grup warna yang berbeda, di mana masing-masing warna grup terdiri dari 13 dan 12 tim. Group Contest adalah penghargaan bagi tim. Cara menghitung nilainya adalah dengan menggabungkan tiga nilai tertinggi dari nilai individu di dalam tim.

Pada TIMC 2016 untuk tingkat SMP, Indonesia mengirim dua tim yang terdiri dari 8 siswa. Mereka diseleksi dari 15 siswa peraih medali emas dan medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.

Tim Indonesia C beranggotakan Stanve Avrilium Widjaja (Medali Emas), Hendrikus Hansen Witarsa (Medali Perunggu), Alvin Putera Budiman (Medali Perak), dan Aaron Alvarado Kristanto J (Medali Perunggu). Pada Team Contest, Tim C menjadi 1st Runner Up (Medali Perak), sedangkan pada Grup Contest berhasil menjadi 2nd Runner Up (Medali Perunggu).

Tim Indonesia D beranggotakan Nicholas Rusell Saerang (Medali Perak), Farrel Dwireswara Salim (Medali Perunggu), Markus Leonard Wijaya (Medali Perunggu), dan Muflih Naufal Maxi (Medali Perak). (Andi/Kemdikbud)

Check Also

Pelajar Indonesia Juarai Kompetisi Ilmiah Internasional

Pelajar Indonesia Juarai Kompetisi Ilmiah Internasional

Edupost.id – Rasa bangga menyelimuti tim pelajar Indonesia di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2017 yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *