Jumat , 15 Desember 2017
Home / Berita Pendidikan / Pelajar Yogyakarta Unjuk Kreativitas Main Musik dengan iPad
Pelajar Yogyakarta Unjuk Kreativitas Main Musik dengan iPad
Pelajar Yogyakarta Unjuk Kreativitas Main Musik dengan iPad

Pelajar Yogyakarta Unjuk Kreativitas Main Musik dengan iPad

Edupost.id – Bermain musik dengan alat musik gitar, keybord, drum adalah hal yang biasa. Tapi, bermain musik dengan media ipad barang kali baru bisa disebut luar biasa. Inilah yang dipertontonkan oleh 15 grup musik pelajar SMP dan SMA se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini, (31/8) di halaman Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) DIY.

Lima belas group ini adalah peserta lomba Implementasi Iovasi Pembelajaran with IPad untuk siswa SMP, SMA, dan SMK se-DIY. Lomba ini digelar sebagai bagian dari Gebyar Anugerah Ki Hajar 2016 tingkat DIY. Tim yang bertanding hari ini adalah hasil seleksi ketat yang digelar oleh Balai Tekkomdik DIY.

Salah satu peserta lomba, tim dari SMPN 1 Bantul yang terdiri dari enam siswa ini tampak menarik membawakan tiga buah lagu di atas panggung. Dua vokalis dan empat pemain musik berusaha menampilkan karya terbaiknya di hadapan dewan juri. Zaki, salah satu anggota grup dari SMPN 1 Bantul mengaku tidak mengalami kesulitan yang berat ketika harus memainkan alat musik gitar menggunakan ipad. Siswa kelas IX ini mengaku hanya butuh waktu dua jam untuk berlatih bermain gitar dengan ipad.

“Awalnya sulit, tapi setelah menyesuaikan diri ya akhirnya bisa. Hanya dua jam latihan,” ungkap Zaki kepoada Edupost.id usai tampil.

Salah satu dewan juri lomba, Maryadi mengatakan, ada lima kriteria penilaian yang akan menjadi acuan dewan juri. Kriteria yang dimaksud adalah penguasaan panggung, penguasaan materi, kemampuan mengolah musik, harmonisasi, dan kreativitas.

Kepala Balai Tekkomdik DIY, Isti Triasih mengatakan, lomba ini tidak dimaksudkan untuk menyaingi alat musik yang biasa digunakan oleh para pemain musik. Lomba ini dimaksudkan untuk mengasah kreativitas siswa di bidang musik sekaligus melakukan pemanfaatan teknologi. “Lomba Implementasi Iovasi Pembelajan with IPad ini bentuk pemanfaatan teknologi untuk mendukung kegiatan pembelajaran,” ujar Isti.

Lomba di hari pertama diikuti oleh 15 sekolah. Selanjutnya, akan dipilih enam group terbaik yang akan bertanding di babak final pada hari ke dua. (Andi)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *