Minggu , 22 Januari 2017
Home / Berita Pendidikan / Pelaksanaan UNBK 2016 Gunakan Sistem Semi Online
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Pelaksanaan UNBK 2016 Gunakan Sistem Semi Online

Edupost.id, Sleman – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 menggunakan sistem semi online, artinya soal dikirim dari server pusat ke server lokal (sekolah). Ujian siswa dilaksanakan oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Demikian penjelasan proktor utama UNBK SMKN 2 Depok Sleman, Eka Vicianto. Dikatakannya, proses sinkronisasi bisa dianalogikan seperti proses droping soal dari Dinas Pendidikan ke pihak sekolah. Hanya saja, pada UNBK terjadi secara online. Proses sinkronisasi ini sesuai jadwal dari Puspendik dilaksanakan pada Kamis (31/3) hingga Sabtu (2/4).

“(Jadwal tiap sekolah) bergantung dari jadwal yang telah diatur oleh Puspendik,” ujar Eka kepada Edupost.id.

Dilanjutkannya, khusus SMKN 2 Depok Sleman, jadwal sinkronisasi berlangsung pada Kamis (31/3) pukul 17.00-19.00. Proses sinkronisasi sekolah ini menurut Eka berjalan lancar. Masing-masing server rata-rata membutuhkan waktu sinkronisasi selama 5-10 menit. Lamanya proses sinkronisasi, kata Eka, ditentukan oleh jumlah peserta ujian dan kecepatan sambungan internet yg digunakan. Eka juga mengatakan, di Kabupaten Sleman, pada umumnya, proses sinkronisasi berjalan lancar. Belum ada laporan adanya kendala sinkronisasi di Sleman.

“Saat ini, saya baru monitor teman-teman di wilayah Sleman untuk proses persiapan dan sinkronisasi, hasilnya lancar,” ujarnya. (Andi)

Check Also

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat

Edupost.ID – Dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat di wilayah Yogyakarta diresahkan dengan kabar kasus antraks …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *