Rabu , 23 Mei 2018
Home / Berita Pendidikan / Pemerintah Janjikan Tunjangan Guru Non PNS Kini Lebih Lancar
Biaya-Dinas-Pejabat-Sedot-Anggaran-Dikti
Ilustrasi: Uang Rupiah. (Foto: bloomberg)

Pemerintah Janjikan Tunjangan Guru Non PNS Kini Lebih Lancar

Edupost.id – Kemendikbud menjalin kerjasama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk mempermudah penyaluran tunjangan guru non PNS jenjang pendidikan dasar. Sebelumnya, prosesnya sering terkendala beberapa hal. Lantas, apakah penyalurannya kali ini bisa lebih lancar?

Himbara yaitu Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Mandiri. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan pola penyaluran tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan pemberian insentif bagi guru bukan PNS nantinya lebih sederhana sehingga minimal dalam kesalahan penyaluran.

Penyederhanaan pola penyaluran ini menjadi solusi, karena melalui sistem yang ada, kendala yang selama ini terjadi seperti gagal transfer akan lebih termonitor dan segera teratasi.

Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Hamid Muhammad, yang turut menyaksikan penandatanganan menyampaikan, sistem ini merupakan perubahan yang lebih baik dari sistem yang digunakan sebelumnya.

Sebelumnya, pola penyaluran menggunakan tiga  sistem yang berbeda, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah menggunakan bank penyalur, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar menyalurkan langsung dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) menuju rekening guru, dan Direktorat Pembinaan Guru PAUD menggunakan virtual account.

Penyaluran tunjangan dan insentif bagi guru bukan PNS jenjang pendidikan dasar dilakukan melalui rekening guru setiap triwulan. Tunjangan dan insentif disalurkan dengan memperhatikan prinsip efisien, efektif, transparan, akuntabel, kepatutan, dan manfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=