Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Berita Pendidikan / Pemkot Bekasi Arahkan Seluruh Sekolah UNBK
siswa memakai komputer dalam pembelajaran
Siswa memakai komputer dalam pembelajaran

Pemkot Bekasi Arahkan Seluruh Sekolah UNBK

Edupost.id, Bekasi – Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu menilai sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) rencananya diarahkan kepada seluruh sekolah di Kota Bekasi. Baik sekolah negeri dan swasata, kedepannya dapat melakukan UNBK. Hal tersebut karena salah satu upaya yang mampu meningkatkan kejujuran siswa.

“Kedepan sekolah negeri dan swasta di Kota Bekasi akan diarahkan pada penerapan UNBK. Tentu kita butuh perencanaan mengenai penguatan sarana dan prasarananya,” ujarnya dalam siaran pers.

UNBK merupakan sistem ujian dengan menggunakan komputer sebagai medianya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. PBT sendiri rentan dengan adanya kecurangan dalam pelaksanaanya.

Untuk menyikapi hal tersebut, Ahmad Syaikhu mengintruksikan agar kedepannya disetiap sekolah perlu disiapkan laboratorium komputer. Tentu saja komputer tersebut dapat digunakan untuk UNBK. Namun, kesehariannya lab juga dapat dipakai untuk media berlatih siswa.

“Kita ingin anak-anak didik setelah lulus bisa menggunakan komputer dan tidak gaptek. Mudah-mudahan menjadi bagian dari penanganan persoalan kehidupan kedepan,” tambahnya.

Ahmad Syaikhu mengungkapkan, sistem CBT juga sesuai dengan upaya penyelamatan lingkungan. Melalui UNBK, penggunaan kerta tentu dapat berkurang dan mampu menyelamatkan pohon. (Nisa)

Check Also

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Cara Mengajarkan Membaca kepada Anak dengan Cepat

Edupost.id – Kadang orangtua atau guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan membaca kepada anak. Ada banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *