Minggu , 11 Desember 2016
Home / Berita Pendidikan / Pemkot Yogyakarta Anggarkan 3 M Bantuan Operasional Madrasah
Madrsah Tsanawiyah (MTs)
Madrsah Tsanawiyah (MTs) (foto: blogspot)

Pemkot Yogyakarta Anggarkan 3 M Bantuan Operasional Madrasah

Edupost.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta pada tahun ajaran 2017/2018 akan mulai memberikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah yang berada di bawah Kementerian Agama sebesar Rp3,09 miliar. Anggaran ini bersumber dari APBD Perubahan 2016 berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 109/2016.

“Pencairan dana tinggal menunggu kelengkapan persyaratan yang diajukan sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana.

Bantuan operasional madrasah sebenarnya sudah direncakan sejak tiga tahun lalu. Namun, bantuan baru bisa dicairkan pada tahun mendatang. Sebelum adanya bantuan untuk madrasah, Pemkot Yogyakarta sudah lebih dulu memberikan bantuan operasional untuk sekolah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

Diterangkan Edy, tidak semua madrasah yang mendapat bantuan, melainkan hanya Madrasah Tsanawiyah (MTs) setara SMP, Madrasah Ibtidaiyah (MI) setara SD, dan Raudhotul Athfal (RA) atau TK. Dalam bantuan ini, setiap siswa MTs yang berasal dari Kota Yogyakarta mendapat bantuan Rp1 juta per tahun, sedangkan siswa MI sebesar Rp750.000 per siswa per tahun. Sementara, RA akan langsung dialokasikan sebesar Rp10 juta per tahun untuk satu tahun pendidikan.

Total anggaran yang disiapkan akan diberikan kepada 3.126 siswa MTs dan MI dari dua MI dan tujuh MTs. Sedangkan, RA yang mendapat bantuan berjumlah 10 sekolah.

Selain itu, madrasah juga diminta untuk membatai jumlah pungutan kepada siswa. Bahkan, untuk siswa tidak mampu dilarang dimintai pungutan. Dana operasional juga tidak diperbolehkan untuk belanja moda, dana ini hanya dapat digunakan untuk honorarium, pengadaan dan pemeliharaan barang dan jasa yang pemanfaatannya kurang dari 12 bulan. (Andi)

Check Also

Walikota-Yogyakarta-Saatnya-Kita-Lindungi-Anak

Kekerasan Anak, Walikota Yogyakarta Luncurkan Satgas Sigrak

Edupost.id – Kekerasan anak dapat dicegah dengan berbagai upaya seperti Walikota Yogyakarta yang meluncurkan Satgas Siap …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *