Kamis , 30 Maret 2017
Home / Berita Pendidikan / Pemkot Yogyakarta Pangkas Anggaran Pendidikan Rp 14 Miliar
Biaya-Dinas-Pejabat-Sedot-Anggaran-Dikti
Ilustrasi: Uang Rupiah. (Foto: bloomberg)

Pemkot Yogyakarta Pangkas Anggaran Pendidikan Rp 14 Miliar

Edupost.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta pada tahun ini memangkas anggaran pendidikan sebesar Rp 14 miliar dari usulan awal pada APBD setempat. Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana pemangkasan anggaran terbesar pada pos pertukaran pelajar.

“Paling besar pemangkasannya adalah program pertukaran pelajar untuk SMP yang mencapai Rp 3,7 miliar,” kata Edy.

Selain itu, pemangkasan anggaran juga dilakukan pada pos sarana prasarana sekolah untuk SD sebesar Rp 3 miliar. Pemangkasan pada kegiatan pelayanan administrasi perkantoran dan perjalanan dinas sebanyak Rp 2,5 miliar dan honorarium Rp 2,3 miliar.

Tidak hanya itu, anggaran Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) bagi warga miskin di Kota Yogyakarta juga dipangkas sebesar Rp 2 miliar. Anggaran JPD yang semula sebesar Rp 35 miliar dipangkas menjadi sekitar Rp 33 miliar.

Meski dipangkas, Edy memastikan pemangkasan ini tidak berdampak pada JPD bagi warga miskin pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS). Pemangkasan anggaran JPD itu difokuskan pada bantuan biaya tunggakan sekolah bagi warga miskin non KMS. Sedangkan alokasi JPD bagi siswa dari keluarga pemegang KMS tidak dipangkas.

Untuk memberikan bantuan bagi siswa miskin non KMS, Disdik Kota Yogyakarta akan mengajukan pada anggaran perubahan 2017 mendatang. Sebab, kata dia, selama ini cukup banyak biaya tunggakan sekolah warga miskin non KMS yang dilayani JPD.

“Pemangkasan anggaran JPD itu, nantinya pada bantuan biaya tunggakan sekolah bagi warga miskin non KMS. Sedangkan alokasi JPD bagi siswa dari keluarga pemegang KMS tidak dipangkas,” katanya. (Andi)

Check Also

siswa-SMA

Disdikpora DIY Anggarkan 9,18 M Dana Pendidikan

Edupost.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merencanakan belanja sebesar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *