Senin , 24 Juli 2017
Home / Berita Pendidikan / Pencapaian Kemendikbud di Tahun 2016
Pencapaian Kemendikbud di Tahun 2016
Pencapaian Kemendikbud di Tahun 2016

Pencapaian Kemendikbud di Tahun 2016

Edupost.ID- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar konferensi pers akhir tahun 2016. Mendikbud Muhadjir Effendy dan jajaran pejabat Kemendikbud memaparkan capaian target program prioritas nasional bidang pendidikan dan kebudayaan.

Salah satu capaian yang diraih adalah jumlah ruang kelas yang berhasil direhabilitasi melebihi target, yaitu sebanyak 12.752 ruang, dari target 11.633 ruang. “Untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing internasional, Kemendikbud telah melakukan pengembangan SMK khususnya beberapa jurusan peendidikan vokasi,” ujar Muhadjir.

Lima hal pokok yang dilakukan Kemendikbud sebagai landasan umum dalam menjalankan program-program kementerian. Pertama, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Kedua, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Ketiga, melakukan revolusi karakter bangsa. Kempat, memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial di Indonesia. Kelima,   penguatan tata kelola dan partisipasi publik.

Dari sisi infrastruktur, Kemendikbud telah membangun ruang kelas baru di SMK, sebanyak 5.478 ruang. Selain itu, Kemendikbud melakukan revolusi karakter bangsa di 543 sekolah pada tahun 2016 yang telah disesuaikan dengan amanat Nawa Cita.

Selain itu, sesuai amanat Presiden Joko Widodo, yaitu “Membangun dari Pinggiran”, Kemendikbud memiliki program Sekolah Garis Depan (SGD) dan Guru Garis Depan (GGD) di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). “Sekolah Garis Depan adalah perwujudan Nawa Cita ke-3 dengan pembangunan sekolah di daerah 3T,” tutur Mendikbud.

Program GGD merupakan pengiriman guru ke daerah 3T sebagai salah satu upaya pemerataan distribusi guru. Pada tahun 2016, Kemendikbud telah mengirim 6.2.96 guru dalam program GGD. (Kemendikbud/Inan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *